PT KAI Lampung Tambah Gerbong KRD Wayumpu

0
1173

PT KAI Lampung Tambah Gerbong KRD Wayumpu

id
stasiun tanjungkarang, gerbong tambahan, penjualan tiket, arus balik, dua gerbong tambahan

PT KAI Lampung Tambah Gerbong KRD Wayumpu Ilustrasi Gerbong tambahan (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

…Kami berencana menambah gerbong Kereta Rel Diesel (KRD) AC Wayumpu, yang kita diajukan ke Kementerian Perhubungan sebanyak dua gerbong, kata Franoto…

Bandarlampung (ANTARA Lampung) – PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional IV Tanjungkarang, Lampung, berencana menambah gerbong Kereta Rel Diesel Wayumpu jurusan Bandarlampung–Kota Bumi, sebab minat warga untuk menumpang jasa transportasi KA itu terus meningkat.
"Kami berencana menambah gerbong Kereta Rel Diesel (KRD) AC Wayumpu, yang kita diajukan ke Kementerian Perhubungan sebanyak dua gerbong," kata Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Franoto Prabowo di Bandarlampung, Kamis (17/11).
Ia mengatakan, penambahan ini dilakukan untuk menyerap penumpang yang mengambil jurusan Bandarlampung–Kota Bumi, yang diperkirakan akan terus meningkat pada tahun mendatang.
Tahun ini peningkatan penggunaan transportasi kereta api khususnya di Kota Bandarlampung dengan jurusan Kota Bumi, Kabupaten Lampung Utara telah meningkat pesat, ujarnya.
"Diprediksi jumlah penumpang di Lampung akan meningkat sebanyak enam persen pada tahun 2017, dengan meningkatnya jumlah penumpang maka salah satu kebijakan yang diambil dengan penambahan gerbong kereta api KRD Wayumpu," katanya.
Saat ini kapasitas KRD Wayumpu sebanyak 624 penumpang untuk satu kali keberangkatan, jika ditambah yang berdiri kapasitas angkutnya mampu mencapai hingga 806 penumpang.
Rangkaian kereta api itu saat ini ada empat gerbong yang berangkat satu kali sehari dan berhenti di Kotabumi, tarif yang dikenakan pun tergolong murah yakni hanya Rp10 ribu/orang.
"Kami saat ini akan segera menyusun permohonannya, mudah-mudahan bisa diterima pengajuannya sehingga bisa dilakukan penambahan gerbong untuk menjawab kebutuhan masyarakat," kata dia.
Sementara ini penambahan gerbong dilakukan secara opsional, terutama untuk menyikapi lonjakan penumpang di saat hari raya dan akhir tahun, tambah Franoto. (ANt)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Tweets by @antaralampung

LEAVE A REPLY