Mantan Bupati Way Kanan Bustami Zainudin Apresiasi Gelaran Wayang Kulit

0
348

Bandar Lampung, Lampungsai.com – Anggota DPD RI Bustami Zainudin apresiasi diselenggarakannya ruwatan menyambut Tahun Baru 1445 H atau suroan dengan menampilkan pagelaran wayang kulit yang sebagai upaya pelestarian budaya lokal indonesia.

dilansir media Antara, Bustami mengatakan bahwa, acara tersebut sebagai upaya untuk melestarikan budaya sekaligus ajang silaturahim serta berdoa kepada Allah SWT, agar pada tahun berikutnya diberikan keberkahan, kesehatan, keselamatan dan lainnya.

Bustami mengaku menghadiri acara yang digelar di Hajimena, Natar, Kabupaten Lampung Selatan pada Selasa (18/7) malam dan melihat ada “kehausan” dari warga akan kegiatan budaya yang sempat terhenti beberapa tahun akibat pandemi.

“Saya lihat ada kerinduan dari warga akan tampilan budaya, khususnya wayang kulit. Mereka tampak menikmatinya,” kata mantan Bupati Kabupaten Way Kanan itu.

Sementara itu, mewakili tamu yang juga mantan Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Lampung Prof. Dr. Ir. Sugeng P Hariyanto mengatakan pagelaran wayang kulit tersebut, selain untuk meneruskan budaya juga sebagai ajang silaturahim.

“Selain menyaksikan pagelaran wayang kulit sekaligus ruwatan, juga untuk silaturahim,” katanya.

Tuan rumah penyelenggara Drs. H Soegiarso mengatakan kegiatan ruwatan 1 Suro sering terselenggara di sana, namun sempat terhenti hampir enam tahun termasuk di era pandemi COVID-19.

“Ini bukan semata untuk kegiatan budaya, tetapi juga untuk bersilaturahim sekaligus berdoa memohon kepada Allah agar di tahun berikutnya selalu diberikan kemudahan, kesehatan dan yang baik-baik lainnya,” katanya.

Menurut mantan Rektor Unila dan juga pernah menjabat sebagai Ketua Pepadi Lampung itu, upaya pelestarian budaya, khususnya wayang kulit di Lampung berjalan baik.

Suasana gembira terus berjalan, apalagi sang dalang mengajak sinden bercengkerama dengan kata-kata lucu yang ditimpali gelak tawa warga yang hadir. (*)

LEAVE A REPLY