Wakili Bupati, Sekdakab Lampung Tengah Hadiri Parade Ogoh-Ogoh Hari Raya Nyepi

0
63

Lampung Tengah, Lampungsai.com – Parade Ogoh-ogoh yang berlangsung di lapangan Merdeka, Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah pada Minggu, 03 Maret 2019 dihadiri oleh Sekdakab Lampung Tengah, Adi Erlansyah didampingi Kepala Dinas Kominfo Sarjito.

Parade ogoh-ogoh merupakan rangkaian perayaan hari raya Nyepi Umat Hindu, menampilkan 42 parade yang terbagi 30 rombongan orang dewasa dan 12 anak-anak.

Sekdakab Adi Erlansyah dalam kesempatan itu menyampaikan sambutan mewakili Bupati Loekman Djoyosoemarto, mengatakan, acara parade ini patut di apresiasi. Berharap Parade tersebut  dapat menjadi sarana pelestarian dan pengembangan seni budaya di Lampung Tengah.

“Pemerintah Lampung Tengah juga pada prinsipnya mendukung penuh pelestarian budaya melalui event-event seperti Parade ini. Dalam hal ini tentunya yang diperlukan adalah promosi, agar budaya dan seni Ogoh-ogoh di lampung tengah khususnya dapat menjadi salah satu daya tarik wisata,”ujarnya.

Di waktu berbeda, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lampung Tengah, Ketut Suwendra mengungkapkan, dalam Parade ini menampilkan 42 Ogoh-ogoh yang dibagi dua golongan, 30 rombongan dewasa dan 12 anak-anak.  Yang kesemuanya, 37 Ogoh-ogoh dari Seputih Raman dan 5 ogoh-ogoh dari luar Kecamatan.

Ogoh-ogoh adalah kesenian yang disakralkan terutama sebelum memasuki Hari Raya Nyepi dan simbol angkara murka yang selanjutnya usai pertunjukkan, ogoh-ogoh yang ada dibakar.

“Hal yang di sampaikan Pemerintah Lampung Tengah, sebagaimana di sampaikan Sekda, kami masyarakat Hindu Bali juga penduduk Lampung Tengah sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah yang peduli dengan keberadaan kami, sehingga Parade Ogoh-ogoh ini dimasukkan dalam kalender wisata tahunan,”pungkasnya.(Adv)

LEAVE A REPLY