Wabin Lapas Klas IIa Kalianda 70 Persen Kasus Narkoba

0
523
Illustrasi (Foto:Ist)

Kalianda,Lampungsai– Peredaran narkoba di Lampung Selatan dalam tahap mengkhawatirkan , ini dapat dilihat dari Warga Binaan (Wabin) dan tahanan yang ada di lapas Klas IIa Kalianda, yang dipenuhi oleh mayoritas, terkena kasus hukum narkoba.

Kepala Lembaga Permasyaratan (Kalapas) Klas IIa Kalianda Muklis Adjie didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (KPLP) Soetardjo kepada Lampungsai.com mengungkapkan bahwa hampir 70 persen Wabin dan tahanan yang ada di lapas Klas IIA kalianda, terkena kasus narkoba.

“Dari 249 tahanan dan 504 wabin yang ada dilapas ini 70 persennya adalah kasus narkoba, dan sisanya kasus lainnya, dan memang banyak yang terjaring di pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa Wabin dan tahanan ada perbedaanya, yaitu jikalau wabin itu mereka memang binaan dan memperoleh hak untuk dipekerjakan di lapas, sedangkan tahanan belum bisa dipekerjakan dilapas,dan memang lebih ketat untuk penjagaannya.

“Karena tahanan itu adalah titipan dari Polres, kejaksaan dan pengadilan, jadi tanggung jawab kita penuh, jadi mereka lebih banyak menghabiskan waktu disel , berbeda dengan wabin yang dapat dipekerjakan dan waktu disel nya tidak sebanyak tahanan,”paparnya.

Karenanya ia sangat mengharapkan agar di Lampung Selatan bisa di buatkan Rumah Tahanan (Rutan), karena bisa mengurangi over kapasitas yang ada di lapas.

“Jikalau ada rutan maka otomatis lapas hanya menampung wabin saja, dan tentunya itu juga akan dapat menekan over kapasitas yang ada di lapas,” pungkasnya. (gell)

LEAVE A REPLY