Dr. Sabasdin Harahap Terpilih Lagi Sebagai Ketua IDI Cabang Tuba

0
103
Ketua IDI Cabang Tuba Dr. Sabasdin Harahap (kanan)

Tulang Bawang, Lampungsai.com – Pelantikan kepengurusan baru Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Tulangbawang masa bhakti 2018 – 2021 diadakan di Aula Hotel Le’man Unit 2, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulangbawang, sekitar pkl. 10.00 WIB, Kamis (11/10).

Kedua kalinya, Terpilih kembali sebagai Ketua IDI Cabang Tulang Bawang masa bhakti 2018 – 2021 adalah Dr. Sabasdin Harahap, yang sekaligus menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Penawar Medika, dengan Wakil Ketua Dr. Ray Khah Fissa, Sekretaris Dr. Erdawati dan Dr. Aben Timbul Sibarani, serta Bendahara Dr. Dwi Ari Astanti dan Dr. Yessy Tiara. Selain itu terpilih pula Ketua MKEK (Majelis Kehormatan dan Etika Kedokteran), Dr. Hi. Lukman Pura. Pelantikan itu dilakukan langsung oleh Wakil Ketua IDI Provinsi Lampung, Dr. Boy Zaghlul Zaini.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah (sekda) Anthoni, yang mewakili Bupati Tulangbawang, Camat Banjar Agung Sudirman, Camat Banjar Margo Umar Ahmad, Kapolsek Banjar Agung Kompol. Rahmin, mewakili Kapolres Tulangbawang, Kadinkes Kabupaten Tulangbawang Dr. Heri Novrizal, Direktur RSUD Menggala, Direktur RS Mutiara Bunda dan ketua IDI Cabang dalam Wilayah lampung, Kepala Puskesmas Tuba I Hi. Arnandi Wilayah dan perwakilan Organisasi Profesi lain seperti PPNI, IBI, PDGI, PATELKI, IAI, Persagi dan PARI.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tulang Bawang merupakan organisasi profesi kedokteran yang berperan sebagai Stake Holder pelayanan kesehatan dan ikut bertanggungjawab dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan kedokteran yang bermutu. Untuk daerah Tulang Bawang yang luas ini, jumlah dokter yang tergabung dalam IDI Cabang Tulang Bawang berjumlah 107 orang dokter, terdiri dari 2 orang Dokter Spesialis Konsultan, 20 Dokter Spesialis, 85 orang Dokter Umum, dan Dokter Internship, 5 orang diantaranya sedang melanjutkan pendidikan dokter spesialis. Dari 107 orang dokter anggota IDI, 49 orang adalah PNS dan selebihnya mengabdi di sektor swasta/mandiri.

Kepengurusan IDI Cabang Tulang Bawang masa bhakti 2018 – 2021, telah menetapkan beberapa program kerja, diantaranya adalah meningkatkan profesionalisme anggota, meningkatkan mutu pelayanan dan pendidikan kedokteran serta meningkatkan kemitraan dengan pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat untuk pelaksanaan pembangunan di bidang kesehatan.

Pengurus IDI cabang Tulang Bawang akan selalu mendorong para dokter yang berada dalam naungan IDI untuk memiliki tanggung jawab bersama dengan pemerintah daerah dalam pembangunan di bidang kesehatan masyarakat. Koordinasi dan komunikasi antara pengurus IDI dengan Pemkab Tulang Bawang harus terus terjaga dan terjalin dengan baik.

Tak hanya itu, pembangunan di bidang kesehatan merupakan sektor yang sangat penting dalam mendukung dalam Pembangunan Daerah. Dengan mewujudkan masyarakat yang sehat maka aktifitas dan produktifitas sehari-hari di masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Berjalannya kepengurusan IDI sebagai sarana organisasi dengan baik diharapkan dapat menjadi wadah aspirasi para dokter serta menjalin komunikasi yang baik antara dokter dengan masyarakat.

Untuk menunjang hal tersebut, usai pelantikan kepengurusan baru IDI Cabang Tulang Bawang, dilanjutkan dengan workshop bertema “Komunikasi Efektif” bertujuan meningkatkan profesionalisme pemberi asuhan pada pelayanan kesehatan, yang dihadiri oleh sekitar 50 dokter, bidan dan tenaga kesehatan lain di wilayah Tulang Bawang.(Ari)

LEAVE A REPLY