Pekon Persiapan Kresnomulyo Barat Silaturahmi dan Penjajakan Kerjasama ke Pekon Babakan Tanggamus 

0
2363

TANGGAMUS lampungsai.com_ Dalam rangka penjajakan kerjasama antar Pekon , Pemerintah Pekon Persiapan Kresnomulyo Barat Kecamatan Ambarawa Kabupaten melakukan Silaturahmi ke Pemerintah Pekon Babakan Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, pertemuan tersebut dilaksanakan di Balai Pekon Babakan ( Rabu, 17/01/2024). Pada pertemuan tersebut di samping Kepala Pekon juga turut hadir seluruh Aparatur Pekon dari dua belah pihak serta Kepala Dusun

 

Sukman Hadi Kepala Pekon Babakan menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Pekon kami sangat berbangga hati dan senang dengan kedatangan Pj Kakon serta aparatur Pekon Persiapan Kresnomulyo Barat, sehingga yang tadinya tidak kenal menjadi kenal apalagi Pekon Babakan dan Kresnomulyo Barat langsung berbatasan dengan kami diwilayah Kabupaten Tanggamus .

 

” Adapun tujuan dari silaturahmi ini adalah untuk melaksanakan penjajagan kerjasama antar Pekon yang berlainan Kabupaten khususnya bidang Keamanan Ketertiban masyarakat dan Penanganan Bencana pada semua tahapan sesuai Undang Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penaggulangan Bencana terang Agus Purnomo Pj Kakon Kresnomulyo Barat pada saat menyampaikan sambutan.

 

Beberapa harapan kerjasama yang bisa dilaksanakan antaralain adalah menjaga Keamanan dan Ketertiban masyarakat, perencanaan program pembangunan di wilayah perbatasan serta Mitigasi, Pencegahan dan Penanggulangan Bencana baik Bencana Alam, Non Alam dan Bencana Sosial dengan pelibatan komunitas dan masyarakat dari kedua wilayah.

 

Pada dasarnya dampak bencana tidak mengenal batas wilayah administrasi pemerintahan. Oleh karena itu diperlukan pemikiran mendasar tentang percepatan penanganan bencana yang mampu mengakomodasikan logistik dan peralatan, pelatihan masyarakat sadar bencana dan penggalangan informasi bencana melalui konsep penanganan bencana secara regional yang dilakukan dalam “satu-kesatuan wilayah dampak bencana” dan bukan ”satu kesatuan wilayah administratif”. Maka pada pertemuan tersebut juga dibahas inisiasi pembentukan Tim Relawan Pekon/Desa Tangguh Bencana ( Destana) Agus menegaskan.

 

Supriyadi dan Dwi Saputra Juru Tulis masing-masing Pekon sependapat dan sangat setuju apabila hasil Silaturahmi hari ini dituangkan kedalam Mou Kerjasama secara resmi. (**)

LEAVE A REPLY