DPRD Kabupaten Tanggamus Setujui LKPJ Bupati TA 2019

0
734

Tanggamus, Lampungsai.com – DPRD Tanggamus menyetujui Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tanggamus Tahun 2019. Hal itu terungkap dalam sidang paripurna yang berlangsung diruang sidang DPRD setempat. Selasa, 12 Mei 2020.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, didampingi Wakil Ketua I DPRD Tanggamus Irwandi Suralaga dan Wakil Ketua III Kurnain. Turut hadir Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, Wabup Hi AM Syafii dan jajaran Forkopimda.

Juru Bicara Pansus LKPj, Hilman dalam laporannya memberikan catatan kepada Pemkab Tanggamus diantaranya kurangnya promosi pada OPD Bidang penanaman modal investor, kurangnya dukungan terhadap potensi investasi dan kurangnya promosi kepada pelaku usaha untuk membuat izin usaha.

Lalu kurang maksimalnya pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul) di setiap OPD,  khususnya dibidang kesehatan dan RSUD Batin Mangunang sehingga ada kesan masyarakat kecewa dengan pelayanan rumah sakit, belum maksimalnya pengelolaan destinasi wisata dan tempat rekreasi, belum maksimalnya penanganan sampah khususnya di pasar Kotaagung, masih banyaknya anggaran tidak terserap di OPD dan masih banyak gedung aset pemda terbengkalai khususnya gedung UPT Dinas Pertanian.

“Dari permasalahan tersebut, kiranya Pemkab Tanggamus bersama dinas terkait dapat menuntaskan hal tersebut demi peningkatan dan kemajuan pembangunan baik fisik maupun mental serta peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Pemkab Tanggamus, “ujar Hilman.

Selain memberikan catatan, Pansus LKPj juga mengapresiasi sejumlah capaian yang diraih Pemkab Tanggamus sepanjang tahun 2019, diantaranya bidang pendidikan yang telah meraih penghargaan untuk level provinsi dan nasional. Mengapresiasi bidang kesehatan yang telah menjadi program prioritas, mengapresiasi bidang pemerintahan yang telah meraih beberapa penghargaan dalam rangka mewakili tata kelola pemerintahan yang lebih menuju good and clean goverment.

Dan pada bidang keagamaan mengapresiasi atas diraihnya Juara umum MTQ Ke 47 tingkat Provinsi Lampung yang diselenggarakan di Kabupaten Tulang Bawang.

“Potensi dan keberhasilan yang telah dicapai harus terus ditingkatkan karena masih banyak potensi di Kabupaten Tanggamus yang harus terus dikembangkan, dan tantangan pembangunan kedepan semakin kompleks,”kata Hilman.

Sementara, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani mengakui jika apa yang telah dilakukan Pemkab selama tahun 2019 masih terdapat kekurangan. Bupati juga mengucapkan terimakasih atas kritik, catatan dan saran yang diberikan oleh Pansus LKPj.

“Sejumlah catatan yang disampaikan pansus LKPj tersebut kami anggap sebagai suatu kontribusi yang positif bagi kami, untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan program pembangunan saat ini dan program selanjutnya, “kata Dewi.

Untuk itu, terus bupati, kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus diminta untuk benar-benar mencermati berbagai masukan dan kritikan tersebut dapat diakomodir dan disikapi dengan lebih serius, demi tercapainya tujuan dari program pembangunan yang telah dilaksanakan.

“Termasuk, jika selama ini masih terdapat ego sektoral, yang berakibat pada kurang konsistennya pencapaian kinerja RPJMD Kabupaten Tanggamus, maka diharapkan hal tersebut dapat diluruskan kembali. Agar proses pembangunan di Kabupaten Tanggamus berjalan secara sistematis dan sesuai dengan rambu-rambu yang ada,”pungkas Dewi. (ADV)

LEAVE A REPLY