Tanggamus Sambut Dua Event Tingkat Nasional, Lomba Kelurahan Dan LSS-UKS

0
199

Tanggamus, Lampungsai.com – Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung tahun 2018, menyambangi Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus. Rombongan tim penilai tersebut di koordinir oleh  Maini Ilhamuddin. Kamis 26 Juli 2018.

Maini Ilhamuddin dan rombongan terbagi tim untuk menilai satu persatu indikator yang menjadi acuan penilaian lomba, diantaranya bidang Sarana Prasarana, Gedung pertemuan, perangkat kelurahan, dalam bidang administrasi, misalnya administrasi umum, Kependudukan, keuangan, buku registrasi.

Lalu untuk Indikator lembaga kemasyarakatan, LPM, Posyandu, Poswindu, Poslansia, Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Dasa Wisma. PKK dan kelompok pengajian ibu ibu.

Disampaikan Lurah Kuripan, Hendarman, bahwa dalam indikator yang ada, terutama dalam bidang administrasi, pihaknya berupaya dapat tertata dengan baik. Kemudian indikator lain dalam melibatkan masyarakat, pihaknya terus berupaya untuk bersinergi dengan masyarakat, termasuk didalamnya indikator kemasyarakatan.

tim penilaian lomba LSS-UKS tingkat nasional saat tinjau beberapa indikator perlombaan./Rilis

Di waktu berbeda, dilaksanakan juga penilaian Lomba Sekolah Sehat – Usaha Kesehatan Sekolah (LSS-UKS) tingkat nasional 2018, di Sekolah SMK Muhammadiyah Kecamatan Gisting.  Tim penilaian di Ketuai oleh Akhyar  S. (Kemendikbud).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua TP. PKK  Tanggamus Hartati Zainal Abidin, Tim pembina UKS Provinsi lampung, para kepala OPD Tanggamus, Camat se-Kabupaten Tanggamus, Ketua yayasan SMK Muhammadiyah Gisting dan Dewan Guru SMK Muhammadiyah Gisting.

Disampaikan oleh Kepala Sekolah  SMK Muhammadiyah Gisting, Ihsanuddin, berdasarkan keputusan Gubernur Lampung no: G/643/B.03/HK/2017 Tentang penetapan pemenang LSS-UKS tingkat Prov. Lampung yang telah menetapkan SMK Muhammadiyah Gisting sebagai pemenang LSS-UKS tingkat Prov. Lampung, sekaligus menjadikan SMKM Gisting sebagai Wakil Provinsi Lampung dalam LSS-UKS tingkat Nasional.

SMK / STM Muhammadiyah Gisting berdiri pada thn 1998, didirikan oleh majelis Pendidikan Dasar Menengah pimpinan cabang muhammadiyah. Dengan mengantongi ijin operasional No 955/1.12.B1/U/1998. Sejak awal berdiri, berkonsentrasi pada jurusan teknik mekanik otomotif,  seiring berjalannya waktu, SMKM Gisting membuka jurusan baru yaitu teknik komputer dan jaringan (TKJ) dan teknik sepeda motor pada tahun 2013/2014.

Berharap, kepada Tim penilai kerja dalam mensukseskan LSS-UKS, dapat berbuah manis yang berupa Juara 1 LSS-UKS Tingkat nasional.

Sementara itu, sambutan Pj. Bupati Tanggamus di wakili oleh Asisten III, Firman Ranie mengungkapkan,  keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah (UKS), pada akhirnya akan terlihat  pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik, dan ini merupakan dari keseluruhan pola pembinaan dan pengembangan UKS.

UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin. Tentunya  dilakukan secara terpadu oleh empat kementerian terkait beserta seluruh jajarannya baik di pusat maupun di daerah.

“Pemerintah Tanggamus, secara maksimal telah berusaha agar seluruh Sekolah / Madrasah yang ada, dapat melaksanakan UKS secara baik dan benar, agar timbul kesadaran pihak sekolah berprilaku hidup bersih dan sehat,”ujarnya.

Dikesempatan yang sama, sambutan Gubernur Lampung di wakili oleh  Abdul kabir, M. Ed  tenaga ahli TP UKS/M Prov. Lampung, menyampaikan, pada kesempatan ini, diharapkan kepada tim penilai, tidak akan bosan-bosan memotivasi dan mensupport semangat juang jajaran aparatur dan warga masyarakat Lampung guna mewujudkan kemajuan pembangunan pendidikan, kesehatan dan akhlak yang mulia di Provinsi  Lampung.

“Melalui kesempatan ini, saya mengucapkan selamat atas terpilihnya SMK Muhammadiyah Gisting sebagai Juara pertama “Lomba Sekolah Sehat” tingkat Provinsi lampung tahun 2017 Kategori SMA/SMK/MA. Keberhasilan tersebut akan mempunyai makna dan bermanfaat jika pengaplikasiannya dapat menambah semangat  anak didik lebih giat dalam menuntut ilmu, sekaligus akan memacu sekolah-sekolah yang lain dalam meraih keberhasilan,”katanya. (Kominfo/Budi WM)

LEAVE A REPLY