Tak Mampu Lunasi Biaya RSUD Mesuji Jamin Sertifikat Sigap Informasi Bupati Saply TH Bantu Lunasi Pembiayaan

0
613
Mesuji, Lampungsai.com –  Terkendala dalam pembayaran pasca Operasi usus buntu di Rumah Sakit Daerah Ragab Begawe Caram (RBC) Kabupaten Mesuji, Rumiana (54) warga Desa Jaya Sakti, Kecamatan Simpang Pematang, terpaksa memberikan sertifikat rumah milik pamannya kepada pihak Rumah Sakit sebagai jaminan.
Di ketahui bahwa Rumiana(54) menjalani Operasi usus buntu, di RSUD Mesuji tersebut tertunda berberapa jam, lantaran kondisi fisik Rumiana tidsk stabil atau drop, yang kemudian di nyatakan oleh tim medis RSUD, Rumiana meninggal dunia.
Dari itu, pihak RSUD juga merincikan pembiayaan yang harus diselesaikan pihak keluarga Rumiana (54) sebesar Rp. 18 Juta, terlebih Almh Rumiana tidak memiliki BPJS.
Dari keterangan pihak RSUD itu, suami Almh Rumiana, Asbi (44) diketahui berprofesi sebagai buruh serabutan tidak sanggup melunasi biaya yang diharuskan. Dengan terpaksa Asbi menyerahkan sertifikat rumah milik Pamannya sebagai jaminan. Hal itu dilakukan Asby, agar jenazah sang istri dapat segera dibawa pulang dan dimakamkan.
Di saat yang bersamaan, mendapat informasi tersebut, Bupati Mesuji Saply TH datang dan langsung menemui pihak Rumah Sakit dan suami almarhumah yang juga di dampingi Kepala Desa Jaya Sakti, Nugroho Joko.
Di rumah sakit itu, Bupati Saply TH melakukan dialog kecil dengan Asbi perihal biaya yang harus di bayarkan. Bupati Saply juga memberikan sejumlah uang pribadinya kepada Asbi dan pihak rumah sakit.
Berikuti kutipan peebincangan Bupati Saply TH dengan Asby.
“Pak Asbi, ini kan biaya seluruhnya kurang lebih Rp 18.000.000, dan pihak Rumah Sakit Membantu dengan memberikan pengurangan biaya sebesar Rp 8.000.000, jadi sisanya akan saya bayarkan memakai uang pribadi saya. Ini murni kemauan saya, tidak ada unsur lain dalam membantu beban Bapak  Asby saat ini,”kata Bupati.
“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji dan atas nama pribadi, mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Istri Bapak Asby. Dan ini sertifikat Rumah milik keluarga bapak, saya berikan kembali. Saya minta secepatnya  bapak dan keluarga membuat BPJS, supaya kedepan tidak lagi terjadi kesulitan dalam menyelesaikan biaya kesehatan,”pungkas Bupati Saply TH.
Usai perbincangan, kepada media ini, Asby menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada Bupati Saply TH.
“Saya kaget, bapak Bupati Saply TH, tiba-tiba datang dan langsung mengeluarkan uang di depan saya, lalu membayar semua nya. Kaki saya langsung bergetar, saya sudah tidak kuat menahan tangis. Saya juga sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Saply, semoga selalu perlindungan dan kesehatan dari Allah SWT,”ungkap Asby.
Dikesempatan itu juga, Kepala Desa Jaya Sakti, Nugroho Joko juga mengucapkan  terima kasih kepada Bupati Mesuji atas bantuan yang di berikan secara pribadi dan langsung kepada warganya. (Baginda)

LEAVE A REPLY