Sutono Hadiri Peluncuran Agrowisata Taman Punden Mulyosari, Mas Fran Paparkan Pengembangan Wilayah

0
308

Kota Metro, Lampungsai.com – Pengembangan suatu wilayah, banyak memiliki dampak terhadap lingkungan sekitar. Maka, penataan wilayahnya harus dilakukan dengan baik. Konsep Edu – eko Park sebuah konsep wisata yang mendidik, salah satunya Agrowisata.

Frits Akhmad Nuzir dengan sapaan Mas Fran memberikan gambaran umum mengenai Agrowisata kepada para pelaku pertanian dalam agenda Peluncuran Agrowisata Taman Punden, Kelurahan Mulyasari, Bedeng 16 A, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro. Sabtu, 08 Februari 2020.

Dikesempatan tersebut, hadir langsung mantan Sekprov Lampung, Sutono dan Mantan Wali Kota Metro dua Periode, Lukman Hakim didamping istri serta ratusan warga pelaku petani Mulyasari.

Penataan sebuah wilayah untuk dikembangkan merambah ke semua sektor, termasuk pertanian ada hubungannya dengan lingkungan dan ini yang sepenuhnya menjadi fokus oleh pemangku kebijakan, khususnya soal penataan suatu wilayah bidang lingkungan.

Masih kata Mas Fran, sebagai akademisi arsitektur dan penataan wilayah, sebagaimana hal yang telah dilakukan sesuai bidangnya, maka sektor pertanian di Kota Metro kedepan akan di Kolaborasikan didalamnya. Sebab,
semua sektor termasuk pertanian, ada hubungannya dengan lingkungan.

Sementara saat ini, masalah penataan Kota atau pengembangan suatu wilayah, lebih tepatnya di bidang lingkungan, belum sepenuhnya menjadi fokus pemangku kebijakan.

Sebagai contoh, ada fenomena baru tentang curah hujan, di mana suhu di dunia termasuk di Indonesia dan Kota Metro juga terjadi peningkatan. Dampak yang terjadi secara langsung adalah banjir. Peningkatan curah hujan ini salah satu fenomena atau lazimnya disebut perubahan iklim.

Permasalahan lingkungan yang timbul, dikatakan Mas Fran, terkadang berasal dari manusia sendiri dan itu mulai menghantui berbagai daerah. Sebagai contoh kecilnya adalah sampah, ini juga bukti kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

“Ini sangat penting, bagaimana penataan dan kepedulian terhadap lingkungan. Dalam penerapan konsep Edu – Eco Park. Sebab Agriwisata adalah aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait dengan beragam variasi, misal wisata petik buah, memberi makan hewan ternak, ada labirin sayuran, dengan ini akan menjadi daya tarik wisatawan,”ungkap Mas Fran. (*)

LEAVE A REPLY