Soal Sampah, Perlu Optimalisasi Keseriusan Semua Pihak Temasuk Pengelolaannya

0
408
Assiten Bupati Lampung Utara, Azwar Yazid saat pemaparan soal sampah./Budi Irawan

Lampung Utara, Lampungsai.com – Permasalahan sampah yang mutlak harus diatasi dalam kurun waktu kekinian maupun kurun waktu yang akan datang, baik dalam bentuk tindakan responsif maupun tindakan antisipatif. Di kawasan perkotaan Kabupaten Lampung Utara, sedikitnya ada lima aspek upaya dalam manajemen pengelolaan sampah.

Sebagaimana di katakan Staf Ahli Bupati Lampung Utara Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Azwar Yazid, Jumat 29 September 2017.

Dipaparkannya, perlunya peningkatan kinerja pengelolaan sampah secara terpadu dan komprehensif, khususnya di kawasan perkotaan melalui sinergitas peran tiga pilar pembangunan (Pemerintah Daerah, Swasta dan Masyarakat), dengan aspek aspek hukum, aspek institusi, aspek pendanaan, peran serta masyarakat, dan teknis operasionalnya.

Gambaran umum kondisi yang diharapkan, terhadap permasalahan sampah, harus diwujudkan melalui sentuhan-sentuhan khusus, dari penyelenggaraan pengelolaan sampah secara terpadu dan komprehensif.

Diskusi pengelolaan sampah perkotaan bersama LSM dan Media./Budi Irawan

Dari aspek hukum, diterbitkanya instrumen hukum daerah, yang mengatur tentang hak dan kewajiban serta peranan, para komponen tiga pilar pembangunan (Pemerintah Daerah, Swasta dan Masyarakat), dalam pengurangan dan penanganan sampah, pada penyelenggaraan pengelolaan sampah secara terpadu dan komprehensif, berbasis komunitas.

Kemudian, masih menurut Azwar Yazid, aspek institusi akan mampu meningkat pengetahuan dan keterampilan kerja sumber daya manusia Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pada penyelenggaraan pengelolaan sampah secara terpadu dan komprehensif, berbasis komunitas.

Dalam hal ini, tentunya ada aspek pendanaan, akan mampu menambah dana yang dialokasikan dalam APBD, untuk mendukung penyelenggaraan teknis operasional pelayanan  pengelolaan sampah secara terpadu.

Manfaat Optimalisasi Penerapan Konsepsi 3-R Terhadap Sampah

Manfaat yang akan diperoleh oleh pemerintah daerah, masyarakat, stakeholder atas terlaksananya peningkatan kinerja pengelolaan sampah secara terpadu dan komprehensif dikawasan perkotaan.

Azwar Yazid, peningkatan kinerja pengelolaan sampah secara terpadu dan komprehensif dikawasan perkotaan, melalui sinergitas tiga pilar pembangunan (pemerintah daerah, swasta dan masyarakat) di Kabupaten Lampung Utara ini, akan mempunyai banyak manfaat.

Manfaat bagi Pemerintah Daerah dalam tujuan jangka pendek (2 bulan), jangka menengah (1 tahun), maupun jangka panjang (2 tahun). Hendak diwujudkan dari pelaksanaan peningkatan kinerja pengelolaan sampah secara terpadu dan komprehensif.

Dengan terwujudnya peningkatan sinergitas peran para komponen tiga pilar pembangunan tersebut, maka diharapkan akan menambah daya picu dan daya pacu, terhadap efektivitas dan efisiensi penanganan dan penguranan sampah berbasis komunitas, mulai dari hulu hingga ke hilir, melalui optimalisasi penerapan konsepsi 3-R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Masih menurutnya, dengan terwujudnya  peningkatan kualitas itu maka diharapkan dapat mendorong atau menstimulan para komponen tiga pilar pembangungan untuk berkomitment tinggi dalam mewujudkan aktivitas penyelenggraan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan (Sustanable Devolopment Gool/SDGs).

“Yaitu suatu kegiatan pembangunan yang diselenggarakan atas pertimbangan pemenuhan kebutuhan serta kepentingan, generasi kini dan generasi mendatang,” kata dia. (Budi Irawan)

LEAVE A REPLY