Soal LHP BPK TA 2017, Pihak Inspektorat Kota Metro Nyatakan “Namanya Manusia Pasti Punya Salah Dan Khilaf”

0
170
Ilustrasi./Red Lampungsai.com

Kota Metro, Lampungsai.com – Tindak lanjut proses pengembalian dan pembenahan administrasi atas LHP yang di keluarkan BPK RI Pewakilan Lampung, Tahun Anggaran (TA) 2017 terhadap pengelolaan keuangan Pemerintah Kota Metro, yang di janjikan akan selesai pada Selasa 14 Agustus 2018 atau batas 60 hari serta batas waktu tenggat 1 minggu, sejak 14 Agustus 2018, ternyata tidak ada kejelasan. Pihak Inspektorat berdalih masih dalam proses.

Di ketahui sebelumnya, menyikapi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Negara yang di keluarkan BPK RI Pewakilan Lampung, Tahun Anggaran (TA) 2017 di Pemerintahan Kota Metro, atas kelebihan pembayaran di tubuh DPRD Kota Metro atas pembayaran Tunjangan Komunikasi atau dikenal para anggota dewan setempat dana TKI, RSUD A.Yani lebih kurang mencapai Rp12 Milliar, dan Dinas PUPR terhadap kelebihan pembayaran kepada 16 Perusahan (CV). Masing-masing pihak terkait enggan memberikan komentar.

https://lampungsai.com/berita-lampung-terkini/soal-lhp-bpk-apip-kota-metro-nyatakan-upaya-memulangkan-lepas-dari-ranah-pidana/

Terkait hal ini,  pihak Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), Inspektorat Kota Metro, Senin 13 Agustus 2018 lalu, melalui Sekretaris Heri Rozani didamping Kasubag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan (PEP), Eko C, menjelaskan, seluruh OPD yang ada dikenakan sanksi administrasi dan semua sudah memperbaiki, dengan batas waktu besok (Selasa 14 Agustus 2018).

https://lampungsai.com/berita-lampung-terkini/ada-kelebihan-pembayaran-di-tubuh-dprd-kota-metro-sebuah-tanya-bagaimana-fungsi-pengawasannya-selama-ini/

Saat di konfirmasikan, pihak Inspektorat saling lempar untuk memberikan keterangan. Kamis 13 September 20128, Kepala Inspektorat saat di hubungi melalui via telephon, melimpahkan kepada Sekretaris Heri Rozani, begitu pun Sekretaris, melimpahkan kembali kepada Kasubag PEP, Eko C.

Terkait ini, Eko C memberikan keterangan bahwa tindak lanjut LHP TA 2017, saat ini masih dalam proses, dalam artian belum rampung. “sampai detik ini belum selesai, semua itu melalui prosedur dengan melakukan teguran. Lalu kami melaporkannya ke Wali Kota. Lagi pula, tanggal 24 sampai 25 September ini, BPK Provinsi mengadakan evaluasi terkait temuan BPK, artinya masih menunggu,”katanya.

Dikonfirmasikan lebih lanjut, mengenai adanya hasil audit BPK RI Perwakilan Lampung, yang telah di keluarkan untuk RSUD dan Dinas Kesehatan yang dalam temuannya terdapat kelebihan atas pembayaran yang mencapai Milliaran rupiah dan di tarik kembali oleh pihak BPK, dengan alasan kesalahan teknis.

https://lampungsai.com/berita-lampung-terkini/menyikapi-lhp-bpk-kejari-metro-tunggu-akhir-60-hari-lsm-getar-paparkan-administrasi-dan-pidana/

Hal ini juga sempat terungkap oleh pihak APIP Kota Metro (Inspektorat), Kasubag PEP, Eko C, enggan memberikan komentar banyak. “Namanya juga manusia mas, pasti ada salah dan khilafnya,”demikian ungkap Eko yang dipasrahkan Kepala dan Sekretaris Inspektorat untuk memberikan keterangan hal yang di konfirmasikan tim Lampungsai.com.(Abduh/Red)

LEAVE A REPLY