SMSI Kota Metro Periode 2020-2025 Dikukuhkan

0
260

Kota Metro, Lampungsai.com –Kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Metro periode 2020-2025  dikukuhkan. Pengukuhan kepengurusan inti mulai dari Ketua, Sekretaris, bendahara hingga anggota bidang lainnya dilangsungkan dalam acara pelantikan di Wisma Haji Al-Khoiriyah Kota Metro. Rabu, 09 September 2020.

Pelantikan dipimpin langsung Ketua SMSI Lampung, Doni Irawan disaksikan pengurus SMSI se-Lampung, PWI Metro, Forkopimda, stakeholder terkait termasuk Ketua beserta Kabid Pembelaan Wartawan dan Kabid pendidikan PWI Lampung.

Adapun pengurus inti SMSI Metro resmi dilantik hari ini, antaralain Ketua Ali Imron, Sekretaris Ade Gunawan Yuliarto dan Bendahara Husni Alholik beserta bidang-bidang lain.

Disela prosesi, Kapolres Metro  AKBP Retno Prihawati, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat bagi pengurus SMSI yang baru saja dilantik. Dia berpesan sebagai organisasi perusahaan media  SMSI dapat meningkatkan dan menjaga Kamtibmas dan kondusifitas di tengah masyarakat.

“Media memiliki fungsi yang sama seperti Polri sebagai  Kontrol sosial, jangan sampai ada atau muncul informasi hoax karena tidak adanya konfirmasi dan juga koordinasi, mari kita jaga keamanan ketertiban dan kondusifitas di tengah pandemi Covid-19,”ujarnya.

Dia juga berharap, dengan ada nya SMSI beserta 21 media di dalamnya, dapat menjadi perubahan diplomasi dan kontrol sosial yang sifatnya membangun. “Sekitar 80 persen masyarakat Metro merupakan pengguna media sosial, semoga SMSI hadir mampu menjadi corong informasi terlebih saat ini pencegahan penangannan covid 19,”ungkapnya.

Wakil Wali Kota Metro Djohan mengatakan, mewakili pihak pemerintah dirinya menyambut baik SMS telah hadir Kota Metro. Disampaikannya,  bahwa saat ini banyak muncul organisasi media terutama pers.

“Kemajuan teknologi banyak sekali media dan organisasi media. hari ini kita telah melihat kekompakan media kota Metro di kota metro di dalam pelantikan ini,” katanya.

Sebagaimana media, dikatakan Djohan, apapun informasi harus cepat tanggap karena sejatinya media adalah mediator. Dia meminta agar media dan organisasi media dapat bersatu.

“Ketika seorang media kita harus tau fungsi kita apa. Beritakanlah apa adanya sesuai kondisi  yang ada, jika Metro ingin maju dan lebih baik,”ujarnya.

Dikesempatan sama, Ketua SMSI Lampung, Doni Irawan menghimbau agar ke depan SMSI Lampung dapat solid untuk membangun kota metro.

Menurut Doni, sebuah kota akan terbelakang jika  media tidak bersatu membangunnya. “Marilah tinggalkan hal yang tidak baik, tolong pemberita yang tidak baik berikan berita positif jangan membuat kegaduhan,”tandasnya.

Sementara Ketua terpilih, Ali Imron Muslim mengucapkan ungkapan terimakasih atas segala dukungan hingga terlaksananya prosesi pelantikan kepengurusan SMSI Metro. Dengan demikian, diharapkan, hingga berakhirnya masa jabatan, agar semua pihak tidak enggan memberikan saran dan kritik selama hal tersebut bersifat membangun.

“Hadirnya kami di Kota Metro untuk mengevaluasi terjadinya kesenjangan pers di kota Metro, saya menghimbau birokrasi pemerintah ke depan dapat bekerja sama dan jangan takut dikritik,”pungkasnya.

Masih kata Ali Imron, secara pribadi, jabatan bukan merupakan prestasi melainkan tanggungjawab yang besar dalam menjalankan roda organisasi.

“Saya jamin, selaku ketua siap memperjuangkan setiap anggota yang tergabung di SMSI menjadi media profesional dan menjaga integritas dunia pers dan Dewan Pers,”tandasnya.

Ali juga menegaskan, ke depan SMSI akan berupaya menjaga marwah media massa sebagai pilar ke empat demokrasi dan alat kontrol sosial dengan mematuhi standar administrasi pada setiap perusahan media yang tergabung dalam SMSI Kota Metro. (*)

LEAVE A REPLY