SMK Negeri 2 Kalianda Manfaatkan Matahari Sebagai Energi Alternatif

0
947

Kalianda ,Lampungsai – Matahari sebagai sumber energi listrik sudah banyak digunakan oleh negara-negara Maju didunia seperti jepang, jerman bahkan amerika serikat sendiri, sebagai energi alternatif yang murah tentunya dan tidak berbahaya bagi lingkungan karena tidak menimbulkan polusi.

Hal inilah yang membuat SMK Negeri 2 Kalianda saat ini sedang mencoba untuk mengaplikasikan energi matahari tersebut dalam pembuatan mobil listrik dan rakit listrik tenaga matahari, seperti diungkapkan Rudi Gunawan selaku sekertaris jurusan elektro SMK Negeri 2 Kalianda kepada lampungsai.com senin (06/03/2017) “pemanfaatan tenaga surya sudah kita terapkan , walaupun memang pembiayaan awal mahal tetapi akan lebih efektif dalam penggunaan sehari-hari karena tenaga surya dengan mudah kita dapatkan ” ujarnya.

 

Rakit Tenaga Listrik (foto : Lampungsai.com)

Saat ini kami pun sedang mengembangkan rakit listrik tenaga surya yang nantinya bisa kita gunakan untuk wisata pantai , walaupun masih prototype yang ada, dengan biaya pembuatan sekitar kisaran 5jutaan kita tinggal memanfaatkan tenaga matahari saja jadi lebih efisien dan mudah didapat , tambah Rudi.

Kedepannya ia berharap agar tenaga surya bisa lebih dikenal dimasyarakat sebagai energi diperbarukan ” Mudah-mudahan kedepannya siswa bisa mengaplikasikan tenga surya ini ke masyarakat agar bisa lebih dikenal dan pemanfaatannya bisa berguna sebagai energi diperbarukan ” tambahnya.

Elita Sari, ST, MT selaku kepala sekolah SMK Negeri 2 kalianda mengungkapkan pula bahwa sampai saat ini belum ada perhatian dari pemkab setempat mengenai pemanfaatan tenaga surya tersebut walaupun pernah diusulkan oleh SMK Negeri 2 ” kami pernah mengajukan permohonan untuk tenaga surya ini tapi blum ada realisasi sama sekali dari pemkab setempat, ya mudah-mudahan bupati bisa mendukung kreatifitas anak-anak kami ” Ungkapnya lebih lanjut. (gelly)

LEAVE A REPLY