Siaga Bencana Alam, BPBD Tanggamus Beli Unit Excavator

0
208
Unit Excavator yang dibeli Pemkab tanggamus, melalui BPBD setempat./NN

Tanggamus, Lampungsai.com – Pemerintah Kabupaten Tanggamus, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), membeli satu unit Excavator Merk Komatsu. Di beli nya unit tersebut, guna mengoptimalkan kesiap siagaan dan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten setempat. Selasa 05 Juni 2018.

Sekretaris BPBD Tanggamus, Maryani mendampingi Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Romas Yadi, mengungkapkan,  pembelian unit Excavator tersebut, bersumber dari dana APBD Tahun Anggaran (TA) 2018, lebih kurang sebesar Rp1,6 Milliar.

Pengadaan excavator ini, akan sangat menunjang kinerja BPBD Tanggamus dalam penanggulangan bencana, baik saat bencana terjadi maupun paska terjadi bencana. Hal tersebut berdasarkan pengalaman sebelumnya, saat terjadi bencana longsor ataupun banjir, BPBD kesulitan dalam menangani kejadian dengan cepat, karena terkendala tidak dimilikinya alat berat excavator.

Mengingat juga, kondisi alam di Tanggamus rawan bencana, terlebih  memasuki musim hujan, kerap kali terjadi longsor dan banjir.

“Maka itu, dianggap perlu dan penting dengan memiliki alat berat tersebut,”katanya.

Dikatakan juga oleh Maryani, untuk mempersiapkan pengoperasian Excavator tersebut, saat ini BPBD telah melatih tiga orang personil, untuk operator dan juga melatih tekhnisinya.

Adapun unit siaga bencana, pihak BPBD Tanggamus saat ini telah memiliki 1 unit excavator, mobil rescue, paramotor, speed boat penyelamat, 2 unit perahu karet, perahu air tawar, 4 unit perahu fiber lipat dan unit penyelamat lainnya.(Budi WM)

LEAVE A REPLY