Setelah A.Pairin Dan Para Kakam Bawaslu Panggil Ketua LSM BASMI Dan AMPD

0
272

Lampung Tengah, Lampungsai.com – Setelah pemanggilan beberapa Kakam yang diduga terlibat langsung dalam kampanye dan menjadi tim pemenangan Calon Wakil Bupati Lampung Tengah Ardito Wijaya, termasuk juga Wali Kota Metro A.Pairin. Giliran Ketua DPC LSM Barisan Muda lndonesia (Basmi) Lampung Tengah sekaligus Kordinator Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) Lampung, Abdul Razak penuhi undangan pihak Bawaslu setempat guna dimintai keterangan. Kamis, 22 Oktober 2020.

Diketahui sebelumnya keterlibatan langsung Wali Kota Metro A.Pairin sosialisasi dan kampanye pemenangan putranya Ardito Wijaya sebagai Calon Wakil Bupati Lampung Tengah berpasangan dengan Musa Ahmad dari Partai Golkar, dibeberapa Kecamatan termasuk juga di Kecamatan Rumbia dan sekitarnya. Dilaporkan oleh Pihak AMPD Lampung bersama LSM Basmi Lampung Tengah.

Atas hal ini, Bawaslu setempat telah memeriksa Wali Kota Metro A.Pairin dan para Kakam yang terlibat dengan dugaan pelanggaran PKPU No.13 tahun 2020 sebagaimana disebutkan dalam Pasal 63, Pasal 70, 71.

Usai klarifikasi undangan Bawaslu, Ketua LSM Basmi dan Koordinator AMPD, Abdul Razak mengatakan, sesuai surat undangan dari Bawaslu tertanggal Rabu 21 Oktober 2020, Nomor : 114/K.LA-03/PM.06.02/X/ 2020.

Prihal memberikan keterangan dan klarifikasi terkait adanya informasi dan temuan, dugaan keterlibatan Wali Kota Metro, A. Pairin di rumah salah satu Kepala Kampung, Kecamatan Rumbia, mengkampanyekan Paslon Nomor urut 2 Musa – Dito.

“Ya, sesuai dengan informasi yang pernah kita berikan kepada pihak Bawaslu beberapa waktu lalu. Apa yang di tanyakan oleh pihak Gakkumdu, saya jawab sesuai dengan fakta dan informasi yang kita dapat dilapangan,”tegas Abdul Razak.

Abdul Razak melanjutkan, dalam hal ini pihak Gakkumdu memberikan apresiasi terhadap informasi yang disampaikan pihak LSM Basmi dan AMPD. Dalam klarifikasi yang berlangsung kurang lebih 1 jam, pihak Gakkumdu mengajukan beberapa pertanyaan terkait data dan informasi yang LSM Basmi dapat terkait dugaan keterlibatan Wali Kota Metro A.Pairin dan beberapa Kakam.

“Tentunya kita sebagai lembaga kontrol sosial, sebelum memberikan informasi itu, kita sudah memiliki data dan fakta yang cukup valid. Artinya dapat di pertanggungjawabkan. Dan Saat ini pihak Gakkumdu sedang melengkapi data materil, formil. mudah-mudah saja pihak Gakkumdu dapat memproses dan menindaklanjutinya sesuai dengan aturan dan UU yang berlaku,”ungkapnya.

Untuk diketahui, Wali Kota Metro A.Pairin diduga telah kerap bergerak mensosialisasikan dan kampanye ke beberapa Kampung yang ada di Kecamatan Trimurjo, beberapa titik Kampung di Kecamatan Bumiratu Nuban, termasuk beberapa Kampung di Kecamatan Rumbia dan sekitarnya.

Di Kecamatan Rumbia, selain di RB 4-5 juga berlangsunv sosialisasi kampanye Musa – Dito di kediaman Kakam Reatu Buana, I Ketut Sugede. Temuan ini dilaporkan langsung LSM BASMI dan AMPD Lampung ke Bawaslu No: 09/TM/TB/Kab/08.05/X/2020. (*)

LEAVE A REPLY