Sekda Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis Tinjau Daerah Banjir Way Liwok Wonosobo

0
455

Tanggamus, Lampungsai.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus, sekaligus Kepala BPBD Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis meninjau banjir di Pekon Way Liwok, Pekon Sinar Saudara, Pekon Bandar Kejadian. Setelahnya dilakukan rapat koordinasi di Aula Kantor Kecamatan Wonosobo.

Turut mendampingi dalam peninjauan tersebut Kabid BPBD, Basarnas, Kabid pengairan PUPR, Camat Wonosobo, Uspika Kecamatan, Kepala Pekon Soponyono. Selasa, 21 September 2021.

Sekda Hamid Lubis menyampaikan, luapan Sungai Way Liwok menbanjiri empat Pekon pasca hujan semalam, dengan ketinggian air 40 Cm sampai 60 Cm dan merendam puluhan rumah warga sekitar Jalinbar dan yang berdekatan Sungai tersebut.

Dari musibah inj, belum ada keterangan resmi terkait korban jiwa dan kerugian materil kerusakan berat dan ringan serta kerusakan sektor pertanian. Dalam kesempatan ini, penanganan jangka panjangnya, pihak Pemkab akan mengajukan usulan perbaikan aliran sungai ke Pemprov Lampung dan Pusat.

“Sementara ini, pihak Pemkab mendirikan dapur umum untuk membantu para korban yang terdampak banjir, membuka posko kesehatan di Pekon Way Liwok serta menurunkan mobil damkar untuk melakukan penyemprotan material lumpur yang ada di beberapa titik fasilitas umum milik desa atau daerah.

Sekda Hamid dikesempatan itu juga meminta kepada semua relawan baik BPBD, Basarnas Uspika Kecamatan untuk dapat membantu membersihkan rumah –  rumah warga terdampak banjir. Serta dimina kepada Kepala Pekon dan jajaan untuk mendata warganya yang terdampak banjir,”ungkapnya. (Dn/Wm/Red)

LEAVE A REPLY