SaLCity Akan Kolaborasi Kembangkan Dan Majukan Taman Punden Mulyosari

0
429

Kota Metro, Lampungsai.com – Kumpulan pemuda – pemudi pecinta alam dan Wall Climbing (Panjat Tebing), yang tergabung dalam Sahabat Alam Comunity (SaLCity) Kota Metro berkolaborasi dengan Marsono untuk Kembangkan Agrowisata Taman Punden Mulyosari, Bd 16 A, Kecamatan Metro Barat, dengan melibatkan warga setempat.

Sebelumnya, Agrowisata Taman Punden telah mendapat support dukungan dari akademisi penataan lingkungan Kota yakni Fritz Akhmad Nuzir “Mas Fran” bersama mantan Sekprov Lampung Sutono yang kini Ketua KTNA Lampung. Hadir pula saat itu, Tokoh Kota Metro Lukman Hakim mantan Wali Kota Metro dua periode.

Dilokasi, rekan – rekan dari SaLCity yang di Koordinatori Afrizal Eko Wibowo berbincang intens dengan Marsono pengelola Taman Punden. Pada dasarnya sepakat memajukan dan mengembangkan taman tersebut dengan kreasi alam menarik pengunjung dan pihak – pihak lain.

Disampaikan Afrizal Eko, tentunya perlu ada dukungan fasilitas yang unik. Agrowisata Taman Punden Mulyosari ini, sudah cukup baik. Tinggal ditambah fasilitas pendukung lainnya yang berdekatan dengan sektor pertanian dan peternakan, termasuk sektor olahraga dan rekreasi keluarga serta kulinernya.

Faktor penting ramainya pengunjung di suatu obyek wisata terutama wisata buatan adalah fasilitas yang unik menjadi daya tarik sendiri dari obyek Agrowisata.

Fasilitas yang mampu memikat dan sangat mendorong untuk datang ke lokasi Taman Punden yakni menghadirkan titik-titik lokasi foto yang unik dan menarik. Pondok foto, puluhan gazebo, fasilitas panahan, panjat tebing mini, wahana permainan anak. Bila perlu ada fasilitas untuk kaum muda kreatif dan pondok souvenir khas Kota Metro dan adakan juga Aula pertemuan untuk mendukung kegiatan gathering oleh perusahaan atau berbagai pihak lainnya.

Masih kata Afrizal Eko, hadirnya obyek Agrowisata Taman Punden Mulyosari tentu akan berdampak luas pada Kelurahan setempat. Selain nama Kelurahan semakin dikenal, juga berdampak pada ekonomi daerah itu.

Paling nyata dirasakan adalah oleh warga setempat berupa lapangan kerja yang tersedia. Mayoritas tim atau pekerja di wisata Taman Punden nantinya diisi oleh masyarakat setempat. Keberadaannya juga membuka lebar bagi ekonomi masyarakat di sekitar, seperti berdirinya toko atau kios kecil warga, serta produk pertanian di Mulyosari akan naik.

“Dari ini, tahap awal kami dari Sahabat Alam Comunity, akan mencoba menciptakan suatu kegiatan event yang selama ini tidak biasa ada di Kota Metro, tentunya menarik dan melibatkan warga setempat, guna menarik pengunjung,”ujarnya.

Sementara itu Marsono menyambut baik hadirnya rekan – rekan Sahabat Alam Comunity dengan membawa suatu ide, gagasan dan saran untuk mengembangkan Taman Punden. Tentunya, semua perlu komitmen yang mantab serta berkelanjutan dengan titik fokus di Taman Punden yang kedepan menjadi salah satu Icon Kota Metro.

Kondisi Taman Punden saat ini, masih banyak yang perlu di bangun dan ditata ulang, termasuk dukungan dari pihak lainnya. Sebagaimana masukan dari rekan – rekan SalCity, semisal adanya Wall Climbing mini untuk anak – anak dan remaja, permainan lain yang akan di buat kedepan.

“Tentunya, saat ini akan mematangkan suatu gagasan bersama dengan suatu kegiatan yang cukup menarik, mengenalkan lebih jauh Taman Punden ini. Tentunya juga melibatkan warga sekitar,”ungkapnya.

Sebelumnya juga, kata Marsono, “Mas Fran sudah memberikan masukan dan support untuk Taman Punden ini. Ada hal yang lebih untuk memajukan taman ini, ditambah adanya kolaborasi dengan Sahabat Alam Comunity. Diharap akan terjalin baik dan berkelanjutan,”pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY