Proses Hibah Tanah Secara Seluruh Areal Wisata Sumbersari Park Akan Terealisasi

0
989

Kota Metro, Lampungsai.com – Lebih kurang total, 1.150 Meter persegi, luasan tanah lokasi Flyfox sumber sari bantul, kecamatan metro selatan kota metro, akan di serah terimakan secara resmi dari penghibah tanah atas nama Kusbani kepada Pemerintah Kota Metro melalui pihak Dinas Pemuda olahraga dan pariwisata setempat.

Untuk diketahui sebelumnya, proses peralihan tanah persawahan menjadi lahan wisata flyfox sumbersari hingga pelebaran jalan dan lokasi lahan di sekitar SLB sumber sari, masih belum jelas, peroses peralihan fungsi lahan dan juga proses hibah yang berjalan sejak tahun 2017 silam.

Secara total, tanah yang ada, pemerintah kota metro, saat itu hanya memegang surat akta jual beli tanah, dan sebagian sudah terproses hibah di BPN. Terhitung sejak 2018 sampai 2019 lalu, pemerintah kota metro, lamban memproses peralihan fungsi dan hibah tanah, dengan alasan terganjal anggaran yang belum tersedia.

Adapun lokasi yang belum bersertifikat tanah itu, lebih kurang seluas 1.900 meter persegi di sekitaran gedung SLB Sumbersari yang merupakan lahan tidur atau tanah BEngkok yang katanya telah terproses di ATR BPN. Kemudian lahan untuk pelebaran jalan cendrawasih, seluas 900 meter persegi.

Termasuk luasan lahan areal flyfox, yang secara total luasan sekitar 1.150 Meter persegi, yang belum rampung proses peralihan fungsi lahan dan proses hibahnya.

Saat ini, proses hibah akan teralisasi dan akan melakukan pengukuran ulang. Hal ini terungkap dalam rapat pertemuan internal pihak disporapar, mengundang pihak LSM GMBI distrik kota metro dan penghibah tanah Kusbsni, di pimpin langsung oleh Sekretaris Daerah, Bangkit Haryo Utomo, di Aula Rapat Disporapar, Selasa, 08/03/2022.

Usai rapat, Sekda Bangkit Haryo Utomo mengatakan, selama ini proses hibah areal Sumber Sari Park, Bantul Metro Selatan yang masih proses. Kini, bersama dengan penghibah, Kusbani sepakat akan memproses sesuai dengan surat keterangan tanah yang akan di hibahkan, dan pada Jumat 11/03/2022 mendatang, bersama sama akan mengukur ulang lokasi, agar jelas luasan yang dihibahkan.

Sementara itu, penghibah tanah, Kusbani mengaku, sejak awal perjalanan pembangunan flyfox itu, pengukuran lokasi awal bangunan, tanpa ada koordinasi ataupun izin. Awal, luasan 9×9 meter persegi, minta tambah 13×13 meter persegi, semua dituruti, terakhir pemkot meminta akses jalan masuk, lantaran lokasi flayfox ditengah dari jalan, maka di buatkan.

Dalam pertemuan ini, pada intinya tetap akan dihibahkan, tapi perlu ada kejelasan titik titik batas lokasi tanah terlebih dahulu.

Di kesempatan berbeda, Ketua LSM GMBI Distrik Kota Metro, Eko Joko Susilo didampingi Sekretaris Andre, menjelaskan, pihaknya atas nama lembaga mendampingi warga terkait tanah yang akan dihibahkan yang masuk dalam lokasi sumbersari park.

Secara garis besar, sebagian tanah warga yang dibeli oleh saudara Kusbani, dan proses hibahnya dimungkinkan akan terealisasi, dengan pelaksanaan pengukuran ulang pada Jumat 11/03/2022 mendatang. Untuk hak warga, sementara ini secara versi pemerintah kota metro telah selesai, jadi pihaknya menunggu realisasinya dalam peralihan hibah tersebut secara totalitas. (Red)

LEAVE A REPLY