Program Listrik Tenaga Surya Gratis, Kakon Tarik Pungutan Rp150 Ribu/Warga

0
227

Tanggamus, Lampungsai.com
– Program Nawacita Kementrian Energi Sumber daya dan Mineral melalui Lampu Tenaga Surya Hemat Energi tahun 2019 yang konon diberikan kepada masyarakat melalui hibah (Gratis), hanya sebuah ungkapan belaka. Kenyataannya, masyarakat di kenakan pungutan biaya Rp150 Ribu. Pungutan tersebut berlaku bagi masyarakat Pekon Tampang Muda, Kecamafan Pematang Sawa.

Warga Pekon Tampang Muda adukan pungutan tersebut kepada pihak LSM LIPAN.

Mewakili Tim Investigasi LSM LIPAN, Sumara menyampaikan,
dari pantauan tim, bahwa pungutan Rp150 Ribu tersebut, dilakukan oleh oknum Kepala Dusun (Kadus) dan RT atas intruksi Kepala Pekon dus dan RT yang di perintah oleh Kepala Pekon.

Atas ini, Warga Pekon Tampang Muda meminta uang yang dipungut dapat di kembalikan, sebab program penerangan listrik tersebut  dihibahkan untuk warga alias gratis. Maka, lewat LSM LIPAN diminta untuk menjembatani dan mempertanyakan langsung kepada Sawab sebagai Kepala Pekon Tampang Muda.

Kepada Tim LSM LIPAN, Kepala Pekon mengakui pungutan tersebut dan berjanji akan segera mengembalikannya.

“Kami telah klarifikasikan dan Kakon Sawab saat pertemuan di Balai Pekon bersama Kaur, Kadus dan RT serta warga. Kakon mengakui bahwa pungutan itu salah dan akan segera mengembalikannya dengan tempo satu minggu,”ungkap Sumara

Sumara melanjutkan, selain dari Pekon ini, ada juga indikasi serupa di beberapa Pekon. LIPAN akan segera turun kelapangan.(Rilis)

LEAVE A REPLY