PPBP DAS HL WSS Lampung Akan Distribusikan Sejuta Bibit Pohon Gratis

0
65

Tanggamus, Lampungsai.com – Persemaian Permanen Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai  Hutan Lindung Way Seputih Way Sekampung (PP BP DAS HL WSS) Lampung, Kotaagung, Tanggamus, akan membagikan sejuta bibit pohon, secara gratis untuk masyarakat Lampung di tahun 2018 ini.

Disampaikan Dwi Retno mewakili Manager PP BP DAS HL WSS Momo Suparmo, bahwa, hingga awal bulan Juli 2018, telah distribusikan sebanyak 130 Ribu bibit pohon gratis kepada masyarakat Lampung, yang telah mengajukan permohonan permintaan bibit.

130 ribu bibit pohon yang telah didistribusikan, terdiri dari jenis pohon kayu kayuan, yaitu Sengon, Madang dan Afrika, kemudian jenis pohon serbaguna multi purpose tree species (MPTS) yaitu Petai, Durian dan Jengkol.

Bibit pohon tersebut didistribusikan kepada masyarakat yang mengajukan permintaan, berasal dari beberapa Kabupaten, seperti masyarakat Kabupaten Pringsewu, Lamteng dan Tanggamus.

Masih menurut Dwi, untuk pendistribusian bibit pohon, berdasarkan permohonan permintaan bibit dari masyarakat, dengan aturannya setiap 1 Hektare (Ha) lahan akan diberikan 1000 bibit pohon, yang terdiri dari berbagai jenis bibit pohon.

“Sampai bulan Juli ini, bibit pohon yang telah kami produksi sebanyak 505 ribu bibit pohon, yang telah kita distribusikan sebanyak 130 ribu. Adapun target produksi kami tahun ini sebanyak 1 juta bibit pohon yang akan diberikan secara gratis kepada masyarakat, yang memenuhi syarat. Dan kami optimis target produksi akan tercapai, hingga akhir tahun, untuk pendisribusian di mulai, bulan Juni lalu,”ujarnya.

Dwi Retno menerangkan, dari jumlah 505 ribu bibit pohon yang telah diproduksi tersebut. Produksi bibit pohon Sengon terbanyak yaitu mencapai 350 ribu bibit. Sedangkan sisanya terdiri dari beberapa macam bibit pohon jenis kayu-kayuan, yakni Madang dan Afrika serta Akasia Mangium, kemudian jenis MPTS yaitu Petai, Durian, Jengkol dan Sirsak. Memang bibit pohon Sengon masih sangat diminati petani, untuk dibudidayakan, setiap permintaan bibit, dipastikan Sengon yang paling diminati.

“Oleh sebab itulah dari target produksi tahun ini, kami lebih banyak menyemai bibit Sengon, namun rencananya kami juga akan menyemai bibit pohon Pala sebanyak 10 ribu bibit,”ungkapnya.

Dwi Retno menambahkan, tidak ada kendala yang serius dalam menyemai dan memproduksi bibit pohon tahun ini, cuaca sangat mendukung. Karena musim sangat seimbang, hujan tidak terlalu sering, begitu juga musim panas tidak terlalu panjang, tidak sampai kekeringan.

Kemudian untuk mendapatkan bibit di PP BP DAS HL Kota Agung, haruslah berdasarkan mekanisme yang di tetapkan. Yaitu melampirkan KTP, kemudian mengisi blangko formulir permintaan bibit, yang harus di cap oleh Lurah, Kepala Pekon atau Kepala Instansi. Kemudian PP BP DAS HL, hanya melayani permohonan perorangan, tidak melayani atas nama kelompok masyarakat.

“Bagi masyarakat yang ingin membudidayakan pohon jenis kayu dan buah, silahkan ajukan permohonan ke PP Kota Agung, ambil formulirnya di sini. Kemudian bibit yang diambil, haruslah ditanam dilahan sesuai permohonan, karena kami akan mensurvey,”jelas Dwi. (Win/Budi WM)

LEAVE A REPLY