Potensi Pengembangan Wisata Jadi Tren, Pengunjung Taman Punden Beri Saran Masukan

0
449

Kota Metro, Lampungsai.com – Pengembangan sebuah daerah dengan penataan dan pengelolaan wilayah menyasar ke tingkat Kelurahan atau Desa dengan menggali potensi Sumber Daya Alam (SDA), baru – baru ini mulai menjadi Tren di Kota Metro, sampai pada perkembangan pariwisara di sektor pertanian berbasis Agrowisata.

“Untuk pemanfaatan serta kemajuannya perlu dilakukan pendekatan dengan baik, memberdayakan SDM warga dan di dukung oleh Pemerintah,”

Demikian penjelasan Fritz Akhmad Nuzir akrab di sapa Mas Fran, saat wawancara usai sambutan acara peluncuran Agrowisata Taman Punden Mulyosari, Bd 16 A, Metro Bara. Sabtu, 08 Februari 2020.

Di waktu berbeda, lokasi obyek Agrowisata “Taman Punden” Mulyosari, tersebut dipadati pengunjung luar dan warga sekitar.

Soleh warga Ganjaragung, Metro Barat, saat dimintai saran masukan adanya obyek agrowisata tersebut, menyampaikan masukan bahwa, sangat baik dan memang harus ada  wisata – wisata memadai dan menarik, terlebih agrowisata punden ini letaknya berdekatan dengan perbatasan Lampung Tengah. Artinya, sangat tepat sekali dan strategis.

Letak geografis Kota Metro ditengah – tengah antara Daerah Kabupaten/Kota di Lampung. Terlebih Mulyosari, Kecamatan Metro Barat letaknya berbatasan dengan Kabupaten Lampung Tengah, hanya berjarak lebih kurang 2 Km dari Tugu Selamat Datang Kota Metro, dari arah Bandar Lampung – Trimurjo Lamteng – Kota Metro.

Dari ini, melihat potensi daerah Mulyosari yang cukup kaya akan hasil pertanian serta pesona kebiasaan warga Mulyosari, Kota Metro khususnya, maka sudah tepat sekali adanya obyek wisata disektor pertanian.

Masih kata Soleh, agar agrowisatanya lebih atraktif dan memiliki sensasi serta lebih menarik wisatawan, kedepan akan dipadukan dengan fasilitas yang menyalurkan hobi setiap pengunjung. Tentunya juga perpaduan dengan penataan dan pengelolaan lingkungan sekitar. Tinggal bagaimana Pemerintah kedepan mendukungnya.

“Artinya, kedepan Pemerintahan mendatang dapat disupport dan didukung penuh oleh Pemerintah selaku pemangku kebijakan dalam mengembangkan Agrowisata yang ada di Kota Metro, khususnya Taman Punden ini sebagai percontohan dan pencetusnya dengan fasilitas yang memadai obyek Agrowisata,”ungkapnya.

Dukungan Fasilitas Unik

Dilain pihak, salah satu warga pengunjung dalam kegiatan peluncuran Agrowisata Taman Punden, yang juga salah satu pemuda pencinta alam dan panjat tebing Kota Metro, Afrizal Eko  mengatakan, Agrowisata Taman Punden Mulyosari ini, sudah cukup baik. Tinggal ditambah fasilitas pendukung lainnya yang berdekatan dengan sektor pertanian dan peternakan, maka disebut Agrowisata.

“Faktor penting ramainya pengunjung di suatu obyek wisata terutama wisata buatan adalah fasilitas. Fasilitas yang unik menjadi daya tarik sendiri dari obyek Agrowisata. Saya banyak berkunjung di beberapa daerah sampai keluar Provinsi, kebetulan hobi saya pendaki gunung (pencinta alam), setidaknya Metro harus ada Icon juga di bidang Agrowisatanya,”katanya.

Afrizal Eko melanjutkan, fasilitas yang mampu memikat dan sangat mendorong untuk datang ke lokasi Taman Punden yakni menghadirkan titik-titik lokasi foto yang unik dan menarik. Mulai dari pintu gerbang, lorong – lorong yang juga dihiasi gerbang bentuk cinta, warna-warni bambu, pondok foto, kapal dari bambu, sepeda ontel, kebun jagung, kebun ketimun, jembatan kayu dan beberapa hal unik lainnya.

Di lokasi tersebut tersedia rumah makan atau restoran. Sehingga ketika pengunjung tidak perlu repot membawa atau kesulitan mencari tempat makan. Puluhan gazebo juga tersedia dan hal itu bisa membuat pengujung nyaman beristirahat dan makan dengan sajian kuliner khas Agrowisata. Termasuk lokasi atau spot memancing bagi pengunjung atau keluarga yang hobi memancing yang hasil pancingannya dapat dimasak langsung di lokasi.

“Kemudian ada sensasi memanen hasil pertanian aneka sayuran dan kebun, tersedia juga fasilitas panahan, lempar pisau dan panjat tebing mini, wahana permainan anak, baik seluncuran dan ayunan serta lainnya tidak kalah penting. Bila perlu ada fasilitas untuk kaum muda kreatif dan pondok souvenir khas Kota Metro dan adakan juga Aula pertemuan untuk mendukung kegiatan gathering oleh perusahaan atau berbagai pihak lainnya,”bebernya.

Tingkat ekonomi

Hadirnya obyek Agrowisata Taman Punden Mulyosari tentu akan berdampak luas pada Kelurahan setempat. Selain nama Kelurahan semakin dikenal, juga berdampak pada ekonomi daerah itu.

Paling nyata dirasakan adalah oleh warga setempat berupa lapangan kerja yang tersedia. Mayoritas tim atau pekerja di wisata Taman Punden nantinya diisi oleh masyarakat setempat. Mulai dari menjaga pintu tiket, menjaga dan pelayanan untuk rumah makan atau restoran, perawatan dan kebersihan taman, pembangunan fasilitas dan lainnya.

Keberadaannya juga membuka lebar bagi ekonomi masyarakat di sekitar, seperti berdirinya toko atau kios kecil warga, serta produk pertanian di Mulyosari akan naik. (*)

LEAVE A REPLY