Pokmas PTSL Desa Suka Maju Lampung Utara, Pungut Biaya Bebani Warga Peserta

0
418
Foto: Agus Eko Saputra, Ketua Pokmas Desa Suka Maju, Kecamatan Abung Tinggi, Lamoung Utara./Tim

Lampung Utara, Lampungsai.com –Kelompok Masyarakat (Pokmas) Program PTSL Desa Suka Maju, Kecamatan Abung Tinggi, Kabupaten Lampung Utara, tarik biaya pembuatan sertifikat PTSL, sebesar Rp200 Ribu sampai Rp500 Ribu/Buku. Ketua Pokmas, Agus Eko Saputra nyatakan pelaksanaan PTSL sudah selesai dan tidak ada masalah dan mengaku biaya yang ditarik hanya Rp350 Ribu/Buku.

Foto: Agus Eko Saputra, Ketua Pokmas Desa Suka Maju, Kecamatan Abung Tinggi, Lamoung Utara./Tim

Berdasarkan informasi yang di dapt tim media bahwa, terdata 172 buku PTSL yang dibuat masing – masing dikenakan biaya berbeda – beda disesuaikan letak dan lokasi (jarak tempuh) sekitar Rp200 Ribu dan Rp350 Ribu sampai Rp500 Ribu/buku.

Disampaikan salah satu warga yang juga ikut dalam program tersebu, mengaku sangat terbebani nilai biaya yang ditentukan untuk membuat PTSL. Padahal dalam aturannya hanya Rp200 Ribu.

“Kalau hanya naiknya dikit, misal Rp250 Ribu masih kami upayakan dan maklum untuk tim panitia PTSL. Tetapi nilainya lebih dari itu, ada yang dikenakan Rp350 Ribu dan ada yang Rp500 Ribu, tentu nilai ini bagi kami warga tak mampu, merasa terbebani,”kata sumber yang dirahasiakan identitasnya.

Peroses penentuan biaya ini, kata sumber, dibuatkan berita acara resmi dan ditanda tangani masyarakat peserta PTSL dan diketahui Kepala Desa. Sementara dari nilai yang ditentukan itu, banyak warga merasa tidaj setuju karean terlalu besar dan membebani.

“Tapi apa boleh dikata, keberatan tak diterima dan kesepakatan terjadi hingga proses pelaksanaan PTSL berlangsung dan selesai,”ungkapnya.
Terpisah, Ketua Pokmas PTSL Desa setempat, Agus Eko Saputra menyampaikab bahwa, kegiatan itu sudah selesai dan tidak ada masalah. Soal biaya yang ditentukan dan dipungut hanya Rp.350.000/Buku dari 172 Buku.

“Jika lebih dari Rp350.000, itu isu tidak benar dan saya punya bukti berita acara dan tanda tangan masyarakat yang menerima buku sertifikat. Jadi saya minta, jangan dipermasalahkan pekerjaan ini. Karena Pj Kades juga turut mengetahui,”ujarnya.

Agus melanjutkan, “Memang sebagai Pokmas, tidak harus ada SK tertulis, yang Penting aparat Desa mengetahui sudah sah. Desa Suka Maju termasuk paling kecil biayanya dibanding desa lain yang ada di Kecamatan Abung Tinggi ini,”pungkasnya. (Tim)

LEAVE A REPLY