Perwakilan PT. STP dan PT. BBJ Sambangi PWI Lampung Selatan

0
174

LampungSelatan,Lampungsai.com– Bincang santai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Selatan (Lamsel) yang dibuka Pjs Bupati Lamsel beberapa waktu lalu, hari ini dilanjutkan dengan menghadirkan 2 narasumber dari pihak swasta, Rabu (21/10/2020).

Narasumber yakni HRD PT Suri Tani Pemuka Lampung, Francky RM, dan Manager Eksternal PT Bandar Bakau Jaya, Tatang Rohadi.

Dalam diskusi, Francky RM menjelaskan, PT Suri Tani Pemuka Lampung belum pernah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ataupun merumahkan pekerja pada saat pandemi Covid-19 yang terjadi belakangan ini.

“Alhamdulillah, kalau perusahaan lain ini sudah mulai mem-PHK karyawan, kalau kita sampai saat ini tidak ada karyawan yang di PHK,” Katanya.

Francky melanjutkan, kebijakan tersebut merupakan kebijakan yang langsung diperintahkan dari induk perusahaan yakni PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

“Bahkan sejak awal manajemen pimpinan pusat sudah memberikan memo yang isinya karyawan tidak perlu cemas karena manajemen tidak pernah terfikirkan untuk mem-PHK karyawan,” Lanjutnya.

Lebih lanjut, Francky menjelaskan bahwa permintaan pakan ikan mengalami penurunan karena pandemi Covid-19, tapi sebaliknya pakan udang mengalami kenaikan permintaan.

“Kita diuntungkan karena Covid-19 ini, karena India yang merupakan pemasok udang terbesar sedang lockdown, maka permintaan ekspor udang Indonesia pun meningkat,” Katanya.

Sementara itu, Tatang Rohadi menjelaskan, dibangunnya pelabuhan oleh PT Bandar Bakau Jaya karena sering terjadinya kemacetan di pelabuhan milik PT ASDP.

“Waktu tahun 2011 itu sudah sering terjadi kemacetan di pelabuhan ASDP, maka kita dipercaya pemerintah dibawah naungan Direktorat Jendral Perhubungan Laut, sementara kalau ASDP itu dibawah Dirjen Perhubungan Darat,” Tuturnya.

Lebih lanjut, Tatang menjelaskan, aktifitas penyeberangan melalui pelabuhan swasta tersebut mengalami penurunan sejak pandemi Covid-19.

“Dampak Covid-19 ini sangat terasa, kita hampir 30% mengalami penurunan, yang tadinya 5 kapal yang beroperasi, sekarang hanya 3,” Katanya.

Untuk diketahui, bincang santai PWI Lampung Selatan dimulai sejak tanggal 13 Oktober 2020 dan akan berlanjut sampai 13 November 2020 dengan menghadirkan narasumber dari jajaran Forkopimda Lamsel, Kepala OPD dan juga pihak swasta. (Imanuel)

LEAVE A REPLY