Perkara Dugaan Pemotongan Dana KPPS Oleh Kejari Tanggamus Naik Tahap Penyidikan

0
548

Tanggamus, Lampungsai.com  – Perkara dugaan pemotongan dana KPPS Pileg-Pilpres 2019, yang di tangani pihak Kejaksaan Negeri Tanggamus, kini statusnya naik ke tahap Penyidikan, setelah hampir 3 bulan melakukan penyelidikan.

Disampaikan Kasi Intel Kejari Tanggamus, M. Rizki Saputra mewakili Kajari bahwa, perkara dugaan pemotongan dana KPPS, saat ini tengah berjalan dan telah masuk tahap penyidikkan oleh tim Pidsus.

“Penyelidikan PPK itu sudah naik ke Pidsus, proses penyelidikan ini sedang berjalan. Artinya kasus ini sudah di limpahkan dari Intel ke Pidsus. Tim juga telah melayangkan surat pemanggilan penyelidikan kepada 13 PPK. Dari 13 PPK itu, hanya 8 PPK yang hadir dan sedang dilakukan pemeriksaan,”ungkap Rizki  diruang kerjanya saat ditemui tim AJOI Tanggamus bersama tim LSM GMBI Distrik Tanggamus, LSM MP3 dan LSM LIPAN. Rabu, 27/11/2019.

Ditempat yang sama, Kasi Pidsus Kejari setempat, Arinto Kusuma menjelaskan, terkait penyelidikan PPK, saat ini sedang memintai keterangan 8 PPK terkait dugaan korupsi dana KPPS Pilpres 2019 di Kabupaten Tanggamus.

“Dugaan indikasi Korupsi itu ada, tapi kita belum mengetahui keseluruhannya, yang berhak menjelaskan secara rinci dan menyeluruh tentang  indikasi korupsi ini Ahli. Mengenai gambaran adakah yang bakal di jadikan tersangka, belum bisa menetapkan karena dokumen belum mencukupi. Tentunya akan segera di informasikan setelah dokumen penyidik sudah mencukupi,”jelasnya.

Sementara, Ketua LSM GMBI Distrik Tanggamus Amrony.ABD menyampaikan harapannya kepada pihak Kejaksaan Negeri Tanggamus, melalui Tim Pidsus dan Tim Intel dapat menyelesaikan kasus dugaan korupsi (Pemotongan dana KPPS)  ini segera mungkin.

Mengingat dugaan ini secara kasat mata sudah sangat terang benderang, terlebih adanya pengakuan beberapa PPS yang membenarkan pemotongan itu.

Tentunya, LSM GMBI Distrik Tanggamus bersama jajaran dan rekan-rekan dari LSM LIPAN dan MP3 serta LSM GMPK Kabupaten Tanggamus, akan terus mengawal kasus ini hingga tuntas. “Jika diperlukan GMBI akan menggalang massa, untuk melakukan aksi agar proses hukum benar – benar berpihak menjunjung rasa keadilan masyarakat,”tegas Amroni diamini Sumara selaku Korwil LSM LIPAN dan LSM tergabung dalam pertemuan tersebut. (AJOI)

LEAVE A REPLY