Peringati Hari Pancasila, Kapolres Lampung Utara Beri Penghargaan

0
39

Lampung Utara, Lampungsai.com – Dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu, 01 Juni 2019. Jajaran Polres Lampung Utara gelar upacara yang berlangsung di lapangan Mapolres setempat.

Pada kesempatan itu, Kapolres AKBP Budiman Sulaksono, pimpin upacara yang di ikuti seluruh jajaran Polres, para tokoh Pemuda, masyarakat dan adat serta ASN Polres setempat. Seusainya Kapolres memberikan penghargaan secara simbolis kepada personil Polres setempat, Ketua LVRI, Tokoh Pemuda dan Tokoh Adat.

Adapun penghargaan diberikan kepada AKP Yaya Karyadi Kapolsek Sungkai Selatan atas inovasinya melaksanakan giat safari jumat bersih pada setiap desa di wilayah Sungkai Selatan sebagai bentuk implementasi menjaga dan melestarikan Pancasila.

Kemudian memberi penghargaan kepada Datuk Saleh Ahmat, Ansyori Sabak sebagai Tokoh pemuda, M. Tauhid gelar Suttan Punceng sebagai Tokoh Adat lampung Abung.

AKBP Budiman Sulaksono membacakan amanat Kepala BPIP, menyampaikan, upacara digelar untuk memperingati hari Lahirnya Pancasila yang mampu menyatukan kita semua yang hidup di Negara kesatuan Republik Indonesia.

Kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia  sebagai Negara Kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “ Tanah Air Indonesia” Kesatuan gugusan Pulau yang berada diantara dua Samudra pasifik dan Hindia serta dua benua asia dan Australia bahwa kita memiliki tanah air sebagai kesatuan Darat, laut dan udara dalam konsep Nusantara.

Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari Indonesia secara Antropologis dan Sosiologis keberagaman Ras, etnis, agama, Kepercayaan dan Budaya budaya yang ada di Indonesia sudah ada hingga Sekarang hidup bahagia dalam keberagaman.

Pancasila Sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh “Pendiri bangsa” yang merupakan Anugerah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia walaupun bangsa ini masih belum sempurna.

“Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika. Kita semua bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila,” ujar Kapolres.(Budi Irawan)

LEAVE A REPLY