Penerimaan CPNS Muncul Dugaan Kecurangan, Welly: “Hanya Bagian Oknum Cari Celah, LSM GETAR Nilai Hal Wajar

0
287
para CPNS yang hadir pada agenda pembacaan petikan SK pengangkatan di Wisma Haji Al-Khairiyah Metro./Arsip

Kota Metro, Lampungsai.com – Soal Pengangkatan CPNS tahun 2018 lingkungan Pemerintah Kota Metro, muncul isu dugaan kecurangan. Kepala BKPSDM setempat, Welly Adiwantra nyatakan bahwa isu atau berita miring yang beredar, hanya bagian dari oknum-oknum yang mencari celah untuk menjual nama dan membohongi masyarakat. Ketua LSM Gerakan Transparansi Rakyat (GETAR) Lampung menilai hal yang wajar jika di flasback di era sebelumnya, dan masyarakat mana yang dibohongi.

Foto arsip. Wali Kota Metro, A. Pairin saat memberikan petikan SK pengangkatan CPNS beberapa waktu lalu./Red

Berdasarkan data informasi yang di himpun tim lampungsai.com, proses penerimaan CPNS tahun 2018 dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT), di warnai isu dugaan kecurangan adanya lobi melobi dan titipan oleh tim penerimaan CPNS BKPSDM yang di nahkodai Welly Adiwantra yang juga Ketua Karang Taruna Kota Metro, dengan lebih dulu menempatkan posisi sesuai formasi yang dibutuhkan. Yakni formasi guru, formasi tenaga kesehatan dan dokter gigi ahli pertama, formasi tenaga teknis. Kelulusan STTD disesuaikan golongan III-a, III-b, II-c.

Kepala BKPSDM Kota Metro, Welly Adiwantra didampingi Sekretaris dan Bidang Pengadaan dan Mutasi PNS, diruang kerjanya, Kamis, 21 Maret 2019, mengatakan, proses seleksi penerimaan CPNS sudah dilaksanakan sesuai aturan, bersih, tertib dan akuntabel.

Dengan bukti minimnya jumlah kelulusan di seluruh Indonesia, dapat dipastikan bahwa proses seleksi terjamin bersih tanpa kecurangan apapun. Bahkan pendaftaran pun dilaksanakan secara online otomatis menggunakan aplikasi.

“Bagaimana mungkin pihak BKPSDM bisa masuk celah, karena sistem keamanannya sangat tinggi standar kepresidenan. Terkait isu kecurangan atau berita miring yang beredar hanya bagian dari oknum-oknum mencari celah untuk menjual nama, untuk membohongi masyarakat. Dan isu seperti ini pernah ada di tahun-tahun sebelumnya. Berharap isu kecurangan yang beredar dalam berita tersebut tidak berkembang, sehingga tidak menjadi blunder,”katanya.

Disisi lain, Ketua LSM GETAR Lampung, Edison mengungkapkan, benar adanya bahwa, Sistem CAT memiliki sistem seleksi ketat, transparan dan akuntabel, soal test CAT menggunakan IT terbaru dan telah ter-enkripsi oleh pengaman sandi negara dan dilaksanakan secara offline guna memperkecil pembobolan hacker, ingat “Offline” yang diketahui.

Munculnya isu dugaan kecurangan penerimaan CPNS 2018 adalah hal yang wajar, jika berkaca mata kebelakang, flashback era sebelumnya memang isu serupa muncul tapi tidak begitu mencolok seperti era saat ini.

“Kenapa demikian, semenjak bergantinya kepemimpinan kepala daerah, semua nampak jelas khususnya di lingkup penempatan dan pengangkatan Pejabat di Kota metro. Ini tidak bisa dipungkiri juga jika muncul ada dugaan memperkuat kekuasaan rezim,”ungkapnya.

Edison melanjutkan, mensoal isu dugaan kecurangan penerimaan CPNS 2018, bukan hanya beredar di berita, tetapi beradar pula informasi itu melalui SMS, dan beberapa ormas, LSM sebagian ada yang dapat informasi itu.

“Jadi saya nilai itu hal yang wajar muncul isu dugaan yang indikasinya Fruad (Kecurangan), toh hanya isu dugaan. Jika di flasback, kepala BKPSDM dan beberapa pejabat, ASN saat ini dan sebelumnya memiliki status erat dengan pimpinan daerah, ini juga bisa dimungkinkan muncul dugaan bahkan muncul dugaan lainnya lebih dalam, karena rezim saat ini mayoritas dengan posisi jabatan strategis Pemerintahan, belum dugaan lain-lain di era kepemimpinan sekarang. Lantas kalimat blunder dan membohongi masyarakat itu yang bagaimana,?”pungkasnya.

Sebelumnya, berdasarkan data informasi yang di himpun tim lampungsai.com, juga muncul dengan adanya informasi masyarakat kepada tim lampungsai.com melalui Via SMS, pada 19 Maret 2019, sekitar pukul 18.10 WIB. Bahwa penerimaan CPNS sistem CAT terindikasi kecurangan dilakukan tim penerima dan seleksi CPNS jauh sebelum di umumkan penerimaan CPNS tahun 2018 di Kota Metro.

“Penerimaan CPNS 2018 Kota Metro dengan sistem CAT, apakah bisa menjamin tidak ada kecurangan. Kecurangan dalam penerimaan CPNS Metro harus di usut tuntas. Otak korups dari oknum panitia yang mengakali sistem dan menarif dengan angka nominal ratusan juta,”kata sumber melalui via sms kepada redaksi lampungsai.com dengan nomor 0821-77xx-xxxx dengan menyatakan siap memberikan data informasi valid tambahan yang diperlukan.(Tama/Red)

LEAVE A REPLY