Pendaftar SNMPTN Itera 3.590 Orang

0
296

Pendaftar SNMPTN Itera 3.590 Orang
Rabu, 8 Maret 2017 08:57 WIB
id
rektor itera dan snmptn copy

Pendaftar SNMPTN Itera 3.590 Orang Rektor Itera Prof Ofyar Z Tamin (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

…hingga penutupan pendaftaran Selasa (7/3) pukul 10.30 WIB, jumlah pendaftar di Itera mencapai 3.590 orang. Jumlah pendaftar itu naik 1.551 orang dibandingkan pendaftar tahun lalu hanya 2.039 orang, ujar Ofyar…

Bandarlampung (ANTARA Lampung) – Jumlah pendaftar calon mahasiswa baru peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 di Institut Teknologi Sumatera (Itera) sebanyak 3.590 orang.
"Jumlah pendaftar SNMPTN itu naik 76 persen dibandingkan tahun lalu," kata Rektor Itera Prof Ofyar Z Tamin, di Bandarlampung, Rabu.
Ia menyebutkan, hingga penutupan pendaftaran Selasa (7/3) pukul 10.30 WIB, jumlah pendaftar di Itera mencapai 3.590 orang. Jumlah pendaftar itu naik 1.551 orang dibandingkan pendaftar tahun lalu hanya 2.039 orang.
Menurutnya, pendaftar itu masih mungkin naik karena panitia pusat masih memberi kesempatan bagi pendaftar yang sudah login, namun belum menyelesaikan pendaftaran untuk segera melakukan finalisasi sampai dengan 7 Maret 2017 pukul 22.00 WIB.
Ofyar menjelaskan, program studi di Itera yang paling banyak diminati pada SNMPTN tahun ini adalah Teknik Informatika, Teknik Sipil, dan Perencanaan Wilayah dan Kota.
Kemudian, lanjutnya, daerah asal mahasiswa yang terbanyak adalah Provinsi Lampung (2.582 orang), Sumatera Selatan (389 orang), dan Sumatera Utara (262 orang). Sedangkan sisanya berasal dari seluruh provinsi di Sumatera, berbagai provinsi di Pulau Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan.
"Untuk Provinsi Lampung, terbanyak pendaftar dari Bandarlampung dan Lampung Selatan," katanya lagi.
Rektor menjelaskan, setelah data keseluruhan pendaftar SNMPTN Itera direkapitulasi, tim akan melakukan seleksi pada 15 Maret sampai dengan 15 April 2017.
Seleksi dilakukan berdasarkan nilai yang telah diinputkan oleh pihak sekolah saat pengisian pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS).
"Pengumumannya akan dilaksanakan pada 26 April 2017," ujar Ofyar.
Tahun ini Itera akan menerima 1.700 mahasiswa dengan pembagian 45 persen dari jalur penerimaan SNMPTN, 45 persen dari SBMPTN, dan 10 persen dari Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).
Pada SNMPTN tahun ini, Itera membuka program studi baru, yakni Matematika dan Teknik Mesin. Sedangkan program studi lainnya, yaitu Fisika, Teknik Elektro, Teknik Geofisika, Teknik Geomatika, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Geologi, serta Perencanaan Wilayah dan Kota.
"Kami juga masih mengupayakan izin program studi lain yang akan dibuka, yakni Biologi, Kimia, Farmasi, Teknik Kimia, dan Teknik Industri. Kalau izinnya sudah ada, akan dibuka pada SBMPTN atau melalui jalur SMMPTN," kata Ofyar pula. (Ant)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Tweets by @antaralampung

LEAVE A REPLY