Pemkab Way Kanan Gelar Rakor Gerakan Pengamanan Pangan Hingga Titik Pangan Jajan Anak

0
1013

Way Kanan, Lampungsai.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Way Kanan, Saipul mewakili Bupati Adipati gelar rapat koordinasi program nasional gerakan nasional advokasi koordinasi gerakan keamanan pangan desa, pasar pangan aman berbasis komunitas dan pengawalan keamanan pangan jajanan anak usia sekolah bersama BPOM diruang rapat utama Setda setempat. Rabu, 07 April 2021.

Dalam kesempatan itu, hadir langsung Kepala Balai Besar POM di Bandar Lampung, Susan Gracia Arpan, Kepala Badan/Dinas dan Kepala Bagian serta Camat lingkup Pemkab Way Kanan.

Dikatakan Sekda Saipul, kegiatan yang dilaksanakan saat ini sesuai dengan amanat UU Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan. Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam UUD 1945, serta negara berkewajiban mewujudkan pemenuhan konsumsi pangan yang aman, bermutu dan bergizi.

Adanya program prioritas nasional desa pangan aman, pasar pangan aman dari bahan berbahaya dan pangan jajanan anak usia sekolah tahun 2021 dilaksanakan oleh Badan POM dan juga oleh pemerintah daerah.

Oleh karena itu, program pengawasan keamanan pangan ini harus dilakukan agar keamanan pangan tetap terjamin aman untuk dikonsumsi.

Masih kata Sekda Saipul, seiring dengan Visi Kabupaten Way Kanan 2021-2024 “Way Kanan Unggul dan Sejahtera”, dimana upaya Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat menjadi bagian penting yang harus dilakukan.

Untuk itu Pemerintah Daerah memandang penting perlunya program keamanan pangan ini karena hal ini sesuai dengan rencana strategis pembangunan kesehatan di wilayah Kabupaten Way Kanan didalam meningkatkan status kesehatan masyarakat dan juga gizi anak.

“Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat dan sekolah didalam meningkatkan kewaspadaan kita terhadap keamanan pangan. Program ini perlu didukung dan disukseskan agar masyarakat dan sekolah-sekolah bisa menerapkan pengawasan keamanan pangan dan jajanan anak sekolah yang aman dilingkungannya masing-masing,”ujarnya.

Selanjutnya, Saipul melanjutkan, Pemerintah Daerah tentu sangat peduli dengan keamanan pangan, baik di kampung, pasar maupun jajanan anak usia sekolah yang aman sehingga dihimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif didalam menjaga lingkungannya agar terhindar dari makanan yang tidak aman apalagi yang berbahaya bagi kesehatan.

Setiap SKPD terkait agar membuat program rutin untuk melakukan monitoring terhadap keamanan pangan di lingkungan masyarakat ini dan mendukung serta saling bersinergi dalam mewujudkan keamanan pangan di Provinsi Lampung khususnya di Kabupaten Way Kanan ini. Untuk selanjutnya nanti dilakukan evaluasi agar kedepan program program ini bisa berjalan dengan baik.

“Melalui prigram Advokasi nasional ini, kita jadikan moment untuk berperan serta dalam pembangunan kesehatan masyarakat Lampung terutama di Kabupaten Way Kanan menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera,”ujarnya. (Fahrul)

LEAVE A REPLY