Pemkab Tanggamus Gelar Upacara Peringatan HUT

0
62
usai upacara unsur pimpinan Daerah dan Forkopimda, foto bersama./rilis

Tanggamus, Lampungsai.com  – Pemerintah Kabupaten Tanggamus, menggelar upacara peringatan HUT Tanggamus Ke 22 dan HUT Provinsi Lampung ke 55. Upacara yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Agung, di tampilkan juga aksi Drum band dari SD Negeri 4 Kuripan, SUPM Kota Agung, yang kemudian dilanjutkan pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Tanggamus, yang disampaikan oleh Ketua DPRD setempat, Heri Agus Setiawan. Kamis, 21 Maret 2019.

Pada upacara, bertindak selaku inspektur upacara Bupati Dewi Handajani, Komandan Upacara Camat Ulubelu Yosa Sumbala dan di ikuti seluruh ASN, TNI/Polri, pelajar SD-SMP, ormas.

Turut Hadir dalam upacara, Kepala Kejari Tanggamus, David P Duarsa, Ketua Pengadilan Agama Asrori, Mantan Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan, Kasdim 0424 Mayor Inf Suhada Erwin, Kabag Ren Kompol Misbahudin, Kalapas Kotaagung Sohibur Rachman, Kepala OPD, Camat dan Kepala Pekon.

Selain itu dilangsungkan pemberian Satya Lencana Karya Satya kepada 50 PNS dengan rincian Satya Lancana 30 tahun sebanyak 34 orang,  Satya Lancana 20 tahun sebanyak 6 orang dan Satya Lancana 10 tahun sebanyak 10 orang.

Dalam amanatnya, Bupati Tanggamus, Dewi Handajani menyampaikan, peringatan HUT, jadi motivasi untuk kemajuan Kabupaten Tanggamus. “Mari kita jadikan setiap untaian peristiwa yang penuh hikmah. Marilah kita satukan tekad sesuai visi dari Kabupaten Tanggamus yaitu , tangguh, agamis, mandiri dan sejahtera,”ujarnya.

Masih kata Bupati, untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih gemilang.

Begitu juga sebagai generasi penerus, jadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmah, lalu dari sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan Tanggamus selama ini.

Dipesankan juga bahwa, tahun ini merupakan tahun politik, akan melaksanakan Pileg dan Pilpres. Pesta Demokrasl tanggal 17 April esok dapat berjalan aman, sukses dan lancar.

“Untuk Itu kita semua harus selalu meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta bersama-sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat. Kondusifitas KAMTIBMAS, sangat kita harapkan guna suksesnya agenda demokrasi tersebut,”ungkapnya.

Ziarah ke Makam Pahlawan Dan Tabur Bunga

Usai pelaksanaan Upacara, Bupati beserta Forkopimda dan sejumlah pejabat yang hadir, melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bahagia, Kota Agung Timur.
HUT Tangamus Pemkab Ziarah Tabur Bunga di TMP Bahagia.

Ko-tim– Upacara ziarah taman makam pahlawan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten Tanggamus ke-22 tahun 2019 dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia, jalan lintas barat Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus.

Mengawali ziarah dilakukan Upacara penghormatan yang dipimpin oleh Dandim 0424 Letkol. Anang Hasto Utomo, S.IP., M.Han, dengan prosesi mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga serta penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dan ditutup dengan do’a.

Pangan Balak Sekaligus Tanam 30.000 Pohon Akasia dan Pencatatan Rekor MURI

Masih dalam rangkaian peringatan HUT, serta dalam rangka memeriahkan dan melestarikan adat budaya Lampung, dilakukan juga acara Pangan Balak yang ditempatkan di Taman Kota, Kota Agung.

Selain dihadiri oleh Bupati, Forkopimda, Anggota DPRD dan Jajaran Pemkab Tanggamus, hadir juga Sultan Sekala Brak Edwarsyah Pernong, Anggota DPR RI Sudin, SE.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan Pangan Balak yang dilaksanakan siang hari ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke 22 Kabupaten Tanggamus. “Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk ragam budaya daerah Lampung yang wajib dilestarikan di Bumi Begawi Jejama,” ujarnya.

Sementara Sultan Sekala Brak Edwarsyah Pernong, menyampaikan dan mengajak seluruh masyarakat, khususnya adat Lampung Sekala Brak untuk menyatukan visi dan misi untuk mendukung program pembangunan Pemerintah Kabupaten Tanggamus yang saat ini dipimpin oleh Ibu Dewi Handajani.

Selanjutnya rangkaian kegiatan peringatan HUT Tanggamus masih akan dilakukan pada Jum’at (22/3/19).

Terdapat dua agenda lagi yang akan dilaksanakan, yakni Penanaman 30.000 Pohon Akasia dalam rangka penghijauan, juga Pencatatan Rekor MURI, yang akan dipusatkan di Dusun Mandi Angin, Pekon Sinar Sekampung Kecamatan Air Naningan. Selain itu penanaman pohon ini juga untuk menstimulus masyarakat agar menumbuh kembangkan budaya menanam pohon untuk kelestarian lingkungan.

Pada malam harinya akan dilakukan juga pembukaan event Tanggamus Expo yang akan dilaksanakan dari tanggal 22 s.d 25 Maret di Islamic Center, Kota Agung.

Sebelumnya Pemkab Tanggamus juga telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Tanggamus dan HUT Provinsi Lampung. Yang pada tahun 2019 ini dilaksanakan dengan tema Ciptakan Kreativitas dan Inovasi Menuju Perubahan Tanggamus yang Maju dan Sejahtera. (ADV)

LEAVE A REPLY