Pemkab Tanggamus Gelar Upacar Hari Lahir Pancasila

0
93

Tanggamus, Lampungsai.com – Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2019, yang bertempat di Lapangan Upacara Pemkab Tanggamus. Sabtu 01 Junj 2019.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 0424 Letkol Arh. Anang Hasto Utomo dan Komandan Upacara Kapten Inf. Adi Hartono. Dengan peserta Upacara dari jajaran ASN Pemkab Tanggamus, Pleton TNI, Polri, Sat Pol PP, Dishub serta ASN Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Dalam amanatnya Inspektur Upacara, yang membacakan sambutan Bupati Tanggamus menyampaikan makna dari peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Melalui Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”katanya.

Masih kata Dandim, “Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Namun dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal lka, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong,”ujarnya.

Dandim melanjutkan, komitmen Pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus dilakukan, termasuk telah ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang  Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila.

Ditegaskan kembali bahwa, Pancasila menjadi satu satunya ideologi yang dipedomani oleh bangsa Indonesia. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu-membahu mewujudkan cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan.

“Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran.¬†Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata internasional,”ungkapnya.(Kominfo/Budi WM)

LEAVE A REPLY