Pemkab Tanggamus Gelar Sosialisasi RKT

0
133

Tanggamus, Lampungsai.com – Kepala Kesbangpol Tanggamus, Ajpani Majidwakili Bupati Dewi Handajani, membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Anti Radikalisme, Komunisme dan Tetorisme (RKT) yang berlangsung di Balai Pekon Kali Bening, Kecamatan Talang padang. Selasa, 15 Oktober 2019.

Dalam laporan Kasi Ideologi Wawasan Kebangsaan Kesbangpol, Putri Mayang Sari menyampaikan, dasar hukum dilaksanakannya kegiatan yaitu,
UU No.15 Tahun 2003 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme dan nota kesepahaman antara Polres Tanggamus dengan Pemerintah Kabupaten Tanggmus Nomor MoU/18/X/2016 tentang pembentukan Satuan tugas (Satgas) Radikalisme, Komunisme dan Terorisme (RKT) Tingkat Pekon/Kelurahan se-Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk Radikalisme komunisme dan terorisme, dengan mengusung tema “Mari kita cegah berkembangnya radikalisme, komunisme dan terorisme¬† di Kabupaten Tanggamus sebagai ucapan memperkuat NKRI”.

Putri melanjutkan, adapun maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan adalah mengkoordinasikan pencegahan radikalisme komunisme dan terotisme, penghentian RKT dan pemulihan pasca konflik RKT skala Kabupaten melalui sinkronisasi, harmonisasi dan intergasi kebijakan dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan Radikalisme komunisme dan terorisme.

Selain itu ,merespon secara cepat dan menyelesaikan secara damai semua permasalahan, serta mengambil langkah-langkah cepat, tepat dan tegas serta proposional untuk menghenti kan segala bentuk tindakan kekerasan, dengan tetap mengedepankan aspek hukum, menghormati hak dan istiadat setempat serta menjunjung tinggi nilai-nilai yang mengatur mengenai hak asasi manusia.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol, Ajpani Majid menyambut baik kegiatan sosialisasi RKT tersebut. hal ini merupakan upaya untuk saling bersinergi dan berkomunikasi memantapkan stabilitas wilayah di Bumi Begawi Jejama.

Masih kata Ajpani, “Bahwa kita sudah membentuk Babin di Pekon – Pekon, sebanyak 500 orang bekerja sama¬†dengan Kejari dan Polres, agar bisa melaporkan soal RKT,”katanya.(Rilis/Budi WM)

LEAVE A REPLY