Pemkab Tanggamus Bersama PGRI Gelar Seminar Kepenulisan Dan Launching 18 Buku

0
61

Tanggamus, Lampungsai.com – Kabupaten Tanggamus bersama Global potensi mengadakan Seminar Kepenulisan dan Launching Buku 18, Penulis Tanggamus dengan tema “Mengembangkan literasi menuju Guru berprestasi”. Kegiatan selenggarakan di Aula Serumpun Padi Kabupaten setempat,  Selasa  07 Agustus 2018.

Di ketahui ke 18 penulis adalah hasil monitoring dari menulis onlain (MMO) yang di monitori oleh Brily Agung, dan MMO tersebut di selelenggaran oleh Pemkab Tanggamus Tahun 2017 yang di pelopori oleh Ibu Yeni Ernani (Growing Fun Inspirator).

Ketua Persatuan  Guru Republik  Indoneseia (PGRI) KabupatenTanggamus, melalui Sekretaris, Haris Istanto menyampaikan, penulis-penulis kebanggaan PGRI Kabupaten Tanggamus, telah membuat buku-buku yang beraneka ragam baik fiksi maupun nonfiksi dan merupakan perintis guru penulis di kabupaten Tanggamus.

Kompetensi profesional adalah kemampuan guru dalam penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar nasional pendidikan (SNP).

Oleh karena itu guru harus menguasai disiplin ilmunya yang ditandai olehpenguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan isi program satuan pendidikan, mata pelajaran dan kelompok mata pelajaran yang akan diampu. Kemudian Penguasaan konsep dan metode disiplin keilmuan,teknologi,atau seni yang relevan yang secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan,mata pelajaran dan kelompok mata pelajaran yang akan diampu.

“Atas dasar itulah, mestinya guru menjadi penulis baku, guru profesional tentu diukur dengan kemampuannya menjadi teladan bagi para murid karena beragam kreativitasnya dengan memiliki gerakan keunggulan tersebut guru mampu memosisikan dirinya sebagai pribadi yang layak dipercaya dan diteladani oleh peserta didiknya”katanya.

Sementar dalam sambutan tertulis Bupati Tanggamus yang dalam kesempatan tersebut di sampaikan oleh sekertaris Dinas Pendidikan, Rahman Husin, menyampaikan apresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut.  Semoga kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan dalam hal penulisan buku buku ilmiah maupun buku populer.

Menbaca dan menulis adalah cara efektif menambah informasi dan pengetahuan seseorang terutama para guru,  aktivitas membaca dan menulis dapat meningkatkan pengetahuan tenaga pengajar dengan catatan rajin membaca dan menulis niscaya akan banyak pengetahuan yang di peroleh dan ini sangat penting bagi tenaga pengajar.

Jika guru menjadi seorang penulis buku, maka akan menjadi seorang yang hebat karena mampu mengajarkan keilmuan secara lisan maupun tulisan. Guru adalah tokoh profesi mendidik yang berkiprah dalam bidang kepenulisan, dari segi waktu dan  kesempatan terbuka lebar dengan memilih topik yang bisa di geluti sehari – hari.

“Berharap agar para guru yang mengikuti seminar tersebut agar dapat mengikuti kegiatan tersebut  dengan baik karna banyak pengetahuan yang dapat di peroleh dan bermanfaat bagi para guru,”ujarnya. (Rilis/Budi WM)

LEAVE A REPLY