Pemkab Tanggamus Berikan Bantuan Warga Terdampak Banjir

0
464

Tanggamus, Lampungsai.com – Pemerintah Kabupaten Tanggamus berikan bantuan pembangunan rumah bagi warga pasca banjir dan longsor di tiga Pekon, Kecamatan Semaka. Bantuan diberikan langsung secara simbolis oleh Bupati Dewi Handajani, yang dipusatkan di Pekon Kerap. Kamis, 13 Februari 2020.

Adapun rumah warga terdampak banjir dan longsor di tiga Pekon tersebut yakni Pekon Sedayu, Pekon Pardawaras dan Pekon Kerap.

Dalam laporan Kepala Dinas PUPR, Riswanda Djunaidi menyampaikan, bantuan yang diberikan dilaksanakan melalui kegiatan Pemugaran Perumahan Masyarakat (PPM) Dinas PUPR Tanggamus Tahun 2020. Dengan tujuan membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), untuk membangun rumah dari rumah yang tidak layak huni menjadi rumah yang layak huni, serta sasaran lainnya para korban bencana.

Penerima bantuan terdiri dari 46 Rumah, dengan rincian 41 Rumah di Pekon Way Kerap, 4 Rumah di Pekon Pardawaras dan 1 Rumah di Pekon Sedayu. Masing – masing Rumah diberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 17,5 Juta, kategori Rumah Rusak Berat. Besaran dana itu di alokasika untuk pembelian bahan bangunan atau material Rp 15 Juta dan Rp 2.5 Juta untuk upah pekerja/tukang.

“Selaku pelaksana teknis pekerjaan dari Dinas PUPR dan bantuan pelaksana pembangunan di lapangan dari Kodim 0424 dengan peran penuh sebagai pelaksana di lapangan dalam kegiatan Rehab serta pembangunan rumah tersebut,”katanya.

Sementara itu, Bupati Dewi Handajani mengatakan, bantuan bedah rumah bagi masyarakat yang terdampak banjir bandang tersebut, merupakan bentuk kepedulian Pemkab Tanggamus. Segala bantuan yang diberikan, sejatinya tidak menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Maka itu harus melakukan reboisasi, sehingga perbukitan tidak gembur serta tidak merusak hutan dan jaga lingkungan.

Atas nama Pemkab juga mengapresiasi peran Kodim 0424/ Tanggamus yang telah membantu dalam proses rehab rumah warga terdampak banjir.

“Terlibatnya personel Kodim 0424 dalam bedah rumah ini menunjukkan sinergitas program antara Pemkab dengan Kodim, dan ini sebagai bentuk nyata kemanunggalan TNI dengan masyarakat,”ujarnya.

Sementara Komandan Kodim 0424, Letkol Inf Arman Aris Sallo mengatakan bahwa, dalam bedah rumah ini yang bisa dilakukan jajaran Kodim 0424 adalah membantu melalui tenaga.

“Ada lima tim yang ditugaskan untuk proses bedah rumah ini. Untuk satu rumah ditangani satu tim dengan jumlah personel 15 orang TNI dan dibantu dari aparat Pekon dan warga penerima bantuan. Adapun target penyelesaian bedah rumah ini selama tiga bulan,”ungkapnya. (Kominfo)

LEAVE A REPLY