Pemkab Lampung Utara Segera Realisasikan Ekonomi Rakyat Berbasis Digital

0
62
Seusai rapat bersama Kepala Bappeda dan Kominfo Lampung Utara perwakilan Kepala Desa dari Kecamatan Kotabumi Utara poto bersama./Budi Irawan

Lampung Utara, Lampungsai.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan segera merealisasikan Program Internet Desa.

Konsen atas program tersebut, digelarnya rapat konsolidasi terbuka dan terbatas, pembahasan serta pemantapan pelaksanaan program tersebut, berlangsung di ruang rapat Bappeda, dipimpin langsung Kepala Bappeda Syahrizal Adhar.  Turut serta dalam agenda itu, Kadis Kominfo, Sanny Lumi dan diikuti oleh perwakilan dari 232 Kepala Desa se-Lampung Utara. Senin, 27 Mei 2019.

Disampaikan Kepala Dinas Kominfo, Sanny Lumi bahwa pihaknya telah menjalin komunikasi intens dengan beberapa investor di bidang telekomunikasi, terkait dengan pembangunan infrastruktur fiber optik (FO) untuk koneksi internet.

Melalui kajian ini, hal yang menjadi titik tekannya ialah melihat respon (tanggapan) dari semua elemen yang akan bersentuhan langsung dan dengan tujuan menciptakan responsibility (tanggung jawab) pihak-pihak terkait. 

Sebagaimana diamanatkan oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, bahwa program internet tersebut harus menyentuh sampai ke pelosok desa di Kabupaten yang berjuluk Ragem Tunas Lampung tersebut.

Masih kata Sanny, selama ini, khususnya warga di Pedesa-an hanya mengandalkan koneksi internet melalui smartphone, android, ataupun gadget yang membutuhkan jaringan operator sebagai penyedia layanan internet untuk berbagai kebutuhan.

Tentu hal ini menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat. Untuk bisa membangun prasarana infrastruktur serta pengelolaan aset jaringan yang terbangun, tentunya membutuhkan respon dari kepala desa dan masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing. “Maka itulah diperlukan adanya diskusi terbuka dan terbatas seperti saat ini,”katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda, Syahrizal Adhar menyampaikan, program internet Desa tersebut sudah cukup lama menjadi wacana Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Untuk itu, jika harus Pemkab yang menginvestasikan program ini terkendala dengan dua hal, yakni terkait pendanaan dan sumberdaya manusianya yang memiliki keahlian teknisi IT.

Namun kendala-kendala tersebut dapat teratasi jika Dinas Kominfo dan jajarannya mendapatkan investor yang mau menanamkan modalnya guna membangun jaringan dan pengelolaan aset infrastruktur yang terbangun. Yang dibutuhkan saat ini ialah komitmen kepala desa serta warga setempat untuk membuka akses dan perizinan guna investor membangun jaringan infrastruktur telekomunikasi internet di wilayah masing-masing.

“Tentunya ini akan mencerminkan desa yang mendukung program ekonomi kerakyatan berbasis digital. Mengenai teknis pelaksanaannya, Diskominfo Lampung Utara akan menjadi leading sectornya,”ujarnya.

Disisi lain, perwakikan Kepala Desa dari Kecamatan Kotabumi Utara menyatakan kesiapan dan komitmennya untuk mewujudkan program internet desa tersebut.

“Terlepas dari adanya prinsip ekonomi dan bisnis yang mengikuti program ini, Desa Margorejo bersama warga sekitar akan menyambut baik program ini. Banyak hal positif yang bisa diwujudkan dari program ini,”ungkap Andi Sabak, Kepala Desa Margorejo. (Budi Irawan)

LEAVE A REPLY