Pemerintah Kota Metro Rai WTP 7 Kali

0
203
Wakil Ketua DPRD Kota Metro Fahmi Anwar bersama Walikota Metro A.pairin saat menerima penilaian opini WTP

Metro, Lampungsai.com – Walikota Metro Achmad Pairin, kembali memperoleh piagam penghargaan WTP atau opini wajar tanpa pengecualian dari Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Lampung. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan laporan keuangan tahun 2016. Pemkot Metro telah meraih penghargaan WTP selama tujuh tahun berurut-turut, Senin 05 Juni 2017.

Wakil Ketua DPRD Kota Metro Fahmi Anwar bersama Walikota Metro A.pairin saat menerima penilaian opini WTP

Penghargaan ini diraih Pemkot Metro berdasarkan keberhasilan pelaksanaan pembangunan otonomi daerah yang dilihat dari faktor akuntabilitas kinerja dan pengelolaan anggaran. Hal ini yang menjadikan Pemkot Metro meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian atas pengelolaan keuangan daerah. Selain itu, Pemerintah Kota Metro juga telah memenuhi kriteria penilaian menurut auditor BPK dan telah menyusun laporan keuangan pada tahun 2016 berbasis akrual sesuai dengan perundang-undangan.

Anggota 5 BPK RI, Isma Yatun mengapresiasi atas kerjasama yang baik antara pimpinan daerah serta DPRD di Provinsi Lampung beserta jajarannya untuk mendukung keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Sesuai peraturan perundang-undangan dalam rangka pengelolaan keunganan negara atau daerah, kepala daerah memiliki kewajiban menyusun dan menyampaikan rancangan peraturan daerah pertanggungjawaban APBD kepada DPRD berupa laporan keuangan yang telah diperiksa oleh BPK.

Pada tahun 2016 ini merupakan tahun kedua bagi pemerintah pusat maupun daerah seluruh indonesia menerapkan akuntansi berbasis akrual. Dengan LKPJ berbasis aktual diharapkan pemerintah daerah dapat mempertanggungjawabkan pelaksanaan APBD secara transparan dan akuntabel.

Isma Yatun berharap penghargaan WTP yang diberikan kepada sejumlah kepala daerah di Lampung dapat diikuti dengan peningkatan kinerja masing-masing kepala daerah. “Penghargaan WTP merupakan indikator pelaporan administrasi yang telah baik, wajar dan akuntabel. Kami harap penghargaan ini diimbangi dengan kinerja dan pembuktian bahwa penghargaan tersebut memang layak diraih”, tegasnya.(Adv)

 

LEAVE A REPLY