Parosil-Hasnurin Usung Tujuh Prioritas Bangun Lampung Barat

0
264

Parosil-Hasnurin Usung Tujuh Prioritas Bangun Lampung Barat

id
Pilkada Lampung Barat, Parosil Mabsus, Lampung Barat

Parosil-Hasnurin Usung Tujuh Prioritas Bangun Lampung BaratCalon Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus (baju putih peci hitam) saat mengunjungi warga setempat. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Liwa, Lampung Barat (ANTARA Lampung) – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Lampung Barat nomor urut 1, Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin, mengusung tujuh prioritas program dengan sebutan "Pitu Program Membangun" yang akan dilaksanakan jika terpilih untuk memimpin kabupaten ini lima tahun mendatang.
Menurut jubir pasangan itu Tino Sujadi, di Liwa, Lampung Barat, Rabu, prioritas pertama yaitu percepatan pembangunan infrastruktur jalan dengan berfokus pada pembangunan jalan poros penghubung kecamatan.
Pasangan itu, katanya, juga bertekad siap membangun Kota Liwa sebagai kota budaya, mulai dari sisi tata ruang kota, rumah adat, hingga pada konsep pembangunan ruang terbuka, salah satunya alun-alun dan taman bermain yang menjadi prioritas kedua pasangan calon dengan tagline "Menuju Lampung Barat Hebat" itu.
Dia melanjutkan, pada sektor pendidikan juga menjadi fokus perhatian pasangan Parosil Mabsus-Mad Hasnurin, dengan akan memprioritaskan beasiswa bagi siswa berprestasi dan pembebasan biaya seragam untuk siswa yang tidak mampu.
Kemudian untuk sektor kesehatan, peningkatan status puskesmas menjadi rumah sakit tipe C yang akan menjadi prioritas keempat, dengan fokus pada penambahan tenaga medis, perluasan jaminan kesehatan bagi masyarakat non-penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS), serta pengadaan lima unit ambulans di setiap puskesmas.
Selanjutnya, di bidang sosial, pasangan calon yang identik dengan baju putih peci hitam itu akan meluncurkan program bedah rumah sebanyak 200 unit rumah setiap tahun bagi masyarakat tidak mampu, juga menggerakkan gotong-royong masyarakat sekitar
Program Lampung Barat terang juga akan menjadi prioritas selanjutnya, untuk menjawab permasalahan ketersediaan listrik yang masih menjadi problem bagi masyarakat daerah itu, dengan melaksanakan percepatan pengolahan potensi panas bumi untuk ketersediaan listrik di Lampung Barat, juga melalui bantuan tiang listrik.
Terakhir, kata Tino lagi, pada sektor pertanian pasangan nomor urut 1 tersebut akan melaksanakan peningkatan kesejahteraan petani melalui optimalisasi badan usaha milik desa melalui penyediaan pupuk dan pembelian produk pertanian untuk menjaga stabilitas harga utamanya kopi dan sayur mayur.
Pilkada Lampung Barat pada 2017 diikuti dua pasangan calon, yaitu nomor urut H Parosil Mabsus SPd dan Drs H Mad Hasnurin yang diusung oleh PDI Perjuangan (13 kursi), PAN (2 kursi), dan Partai Golkar (3 kursi), sehingga total didukung 18 kursi (51,43 persen jumlah kursi anggota DPRD).
Sedangkan pasangan calon nomor urut 2 yaitu Dr H Edy Irawan Arief SE MEc dan H Ulul Azmi Soltiansa SH diusung oleh Partai NasDem (2 kursi), PKS (2 kursi), PPP (2 kursi), Gerindra (2 kursi), PKB (3 kursi), dan Partai Demokrat (4 kursi), sehingga total dukungan 15 kursi (42,86 persen jumlah kursi DPRD).
Pilkada serentak 2017 di Provinsi Lampung berlangsung pada lima daerah, selain digelar di Kabupaten Lampung Barat, juga dilaksanakan pada empat kabupaten lainnya, yaitu Pringsewu, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji.

Editor: Budisantoso Budiman

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Tweets by @antaralampung

LEAVE A REPLY