Musenbang Tingkat Kabupaten Tanggamus Dihadiri Gubernur Lampung

0
276

Tanggamus, Lampungsai.com – Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten, dalam rangka penyusunan RKPD 2021, yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 10 – 12 Maret 2020. Musren berlangsung di Aula Islamic Center Kotaagung. Selasa, 10 Maret 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Letkol Inf Arman Aris Sallo (Dandim 0424/Tanggamus), AKBP Hesmu Baroto (Kapolres Tanggamus), Heri Agus Setiawan (Ketua DPRD Tanggamus), AM Syafi’i Wakil Bupati Tanggamus, David Palapa Duarsa (Kajari Tanggamus), Faturahman (Plh. Sekda Tanggamus), Firman Rani (Staf Ahli Bupati Tanggamus), Asrori (Ketua Pengadilan Agama Tanggamus), Para kepala OPD Camat se Kabupaten Tanggamus.

Kepala Bappelitbang Tanggamus, Hendra Wijaya Mega mengatakan, tujuan Musrenbang adalah untuk mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari Musrenbang pekon, Musrenbang Kecamatan dan konsultasi publik. Lalu merumuskan dan menetapkan kebijakan umum anggaran (KUA) tahun 2021 yang  bersinergi dengan KUA dan Prioritas pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional. Sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Musrenbang ini, yaitu tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan aspirasi masyarakat.

Dalam sambutannya, Heri Agus Setiawan selaku Ketua DPRD menyampaikan pokok- pokok pikiran DPRD Kabupaten Tanggamus dalam Bidang pendidikan, Fasilitas pendidikan dan tenaga pengajar serta kesejahteraan tenaga pendidik. Bidang kesehatan, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, Infrastruktur, Pembangunan jalan dan jembatan untuk mendukung perekonomian, Infrastruktur yang lain, normalisasi sungai, irigasi. Bidang Ekonomi, dan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Data kependudukan, pelayanan bidang kependudukan agar dimaksimalkan. Bidang sosial , agar teknis bantuan kesejahteraan masyarakat agar lebih tepat sasaran. Keagamaan dan budaya, Pemda Tanggamus telah berhasil menjaga kerukunan dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Tanggamus,”ungkapnya.

Bupati Tanggamus, Dewi Handajani menyampaikan bahwa, Proses Musrenbang berjalan dengan baik melalui berbagai tahapan – tahapan, mulai dari tingkat Pekon, Kecamatan hingga saat ini tingkat kabupaten. Ada beberapa isu strategis yang berkembang dikabupaten Tanggamus yaitu, Percepatan pembangunan proyek strategis nasional pengembangan kawasan industri Tanggamus terhadap wilayah sekitarnya.

“Penyelarasan program pemerintah provinsi Lampung dengan kabupaten atau kota berkaitan dengan kawasan industri Tanggamus. Pengembangan koridor ekonomi masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Tanggamus, Persentase penduduk miskin. Indeks pembangunan manusia ( IPM ),”katanya.

Bupati Dewi melanjutkan, terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung, yang telah menggelontorkan dana pembangunan, sehingga kualitas pembangunan di Kabupaten Tanggamus dapat semakin meningkat dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Tanggamus. Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat dapat lebih baik lagi.

“Harapan kami semoga pemerintah pusat lebih memperhatikan dengan kondisi jalan yang ada di sepanjang jalan lintas barat berkaitan dengan kondisi jalan lintas yang melalui daerah Pekon Batu Keramat karena kondisi jalan tersebut sangat rawan  terjadi longsor untuk itu kami harapkan perhatian dari pemerintah Provinsi Lampung agar dapat membuat jalan lingkar lintas barat agar tidak lagi melalui jalan lintas yang melalui Pekon Batu Keramat sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan,”Jelas Bupati.

Sementara itu, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi berkesempatan memberikan penghargaan Tanggamus Award kepada Perusahaan, OPD dan Pekon yang berprestasi di bidangnya masing-masing. Dalam penyampaiannya Gubernur Provinsi Lampung ini mengatakan, Apa yang menjadi catatan yang disampaikan oleh Bupati dan ketua DPRD semuanya telah ia simpan dan akan di tindak lanjuti kedepannya nanti.

“Menurut saya Tanggamus adalah kabupaten yang memiliki potensi, dan memang harus diperhatikan. Berkaitan dengan Tanggamus ini adalah daerah yang dilalui jalur lintas barat Sumatera, kabupaten adalah cerminan atau pandangan pemerintah pusat karena semuanya berawal dari tingkat kabupaten jika baik kabupaten tersebut maka baiklah juga provinsinya,”ujar Arinal.

Untuk pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanggamus, telah mengalami peningkatan, dan diharapkan peningkatan ini dapat menekan laju inflasi Provinsi Lampung. Tidak hanya untuk kepentingan kabupatennya saja, meningkatkan kebutuhan di ibukota Jakarta sebagai pusat ekonomi Lampung, agar stabilitas dapat kita pertahankan di tingkat nasional.

Lalu, Tingkat angka kemiskinan di Kabupaten Tanggamus mengalami penurunan dari tahun 2019 kemarin, menandakan bahwa pemerintah Kabupaten Tanggamus setelah berhasil meningkatkan ekonomi kerakyatan sehingga angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Tanggamus menurun. Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan pemerintah Kabupaten/Kota, memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan lima pokok arahan presiden, Pembangunan SDM, Pembangunan infrastruktur, Penyederhanaan regulasi, Penyederhanaan birokrasi, dan Transformasi ekonomi.

” Visi Pemerintah Provinsi Lampung, Rakyat Lampung BERJAYA, Aman, Berbudaya, Maju dan Berdaya Saing juga Sejahtera. Menciptakan kehidupan yang religius, berbudaya, aman dan damai, Mewujudkan good government guna meningkatkan kualitas dan pemerintahan pemerataan pelayanan publik, Meningkatkan kualitas SDM serta mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan penyandang disabilitas, Mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas Wilayah, Membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan perkotaan, karena demi mewujudkan pembangunan daerah yang berkelanjutan untuk kesejahteraan kita bersama,”ujar Arinal Djunaidi.
(ADV)

LEAVE A REPLY