Minim Perhatian Dan Tanggungjawab Tehadap Fasilitas Sekolah Pihak SD N 01 Beralasan Tunggu Dana Cair

0
775

Way Kanan, Lampungsai.com – Kenyamanan Gedung Sekolah dan ruang kelas atau lokal kelas, utama dijaga dalam proses belajar mengajar, menjadi tanggungjawab penyelenggara pendidikan sekolah.

Minimnya perhatian pihak penyelenggara pendidikan sekolah tingkat dasar, SD Negeri 01 Kampung Gedung Riang, Kecamatan Umpu Semenguk (Eks Kec.Blambangan Umpu) terhadap fasilitas gedung SD setempat, membiarkan rusak. Sejumlah ruang lokal kelas belajar mengajar tak begitu nyaman tidak terawat. Padahal, untuk pelaksanaan rehab ringan gedung sekolah dapat di lakukan dengan menggunakan anggaran BOS yang disesuaikan.

Pantauan Media iniĀ  sejumlah titik atap plafon gedung sekolah dan kaca rusak/pecah. Kondisi itu terabaikan sebelum adanya pandemi covid-19, hingga kini masih dibiarkan dalam kondisi kerusakan.

Terkait ini, Ketua Komite SD setempat, Ulummudin saat disambangi dikediamannya oleh tim media ini, beberapa waktu lalu, mengaku bahwa kondisi kerusakan sejumlah fasilitas gedung sekolah sudah sempat diusulkan kepada Kepala Sekolah dengan jawaban menunggu anggaran kedepan.

“Padahal dalam Juknis BOS ada sebagian Pos rutin untuk perawatan gedung sekolah atau rehab ringan. Harusnya segera di perbaiki, jangan menunggu rusak lebih parah. Artinya, setidaknya pelafon dan kaca yang rusak segera diganti,”jelas Ulummudin.

Diwaktu terpisah , Kepala Sekolah SD Negeri 01 Gedung Riang, Heldi Yana saat dikonfirmasi via telephone WhatAps-nya, mengaku sudah direncanakan akan diperbaiki terkait sejumlah jendela kaca yang pecah. Namun belum dilaksanakan, menunggu dana yang belum cair.

“Sudah direncanakan akan diperbaiki, tapi belum ada dananya, masing belum cair,”kata Heldi Yana. (Fahrul)

LEAVE A REPLY