DPRD Bersama Bagian Hukum Setda Kota Metro Gelar Sosialisasi Perda

0
26

Kota Metro, Lampungsai.com – DPRD Kota Metro bekerjasama dengan bagian hukum sekretariat daerah kota Metro menggelar Sosialisasi Perda, yang berlangsung di aula kelurahan Tejosari, kecamatan Metro Timur, Selasa (06/07/21).

Anggota DRPD yang menjadi narasumber dalam sosialisasi perda tersebut antara lain Basuki. S.Pd., Wasis riyadi S. Sos., Abdulhak S.H., M.H. dan Adi Prasetyo.

Basuki menjelaskan, bahwa Perda nomor 2 tahun 2020 tentang penyelenggaraan kearsipan, dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum dan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kearsipan daerah.

“Sehingga bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip dari kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggara pemerintahan,” katanya.

Selain itu Basuki juga menyampaikan dimana arsip merupakan sumber informasi, pertanggungjawaban, kajian dan perumusan kebijakan Pemerintah Daerah.

“Penyelenggaraan kearsipan harus dilakukan dalam sistem yang komprehensif, terpadu dan berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara itu Wasis Riyadi menyampaikan, tentang Perda no 1 tahun 2021 tentang adaptasi kebiasaan baru dalam pencegahan dan pengendalian covid-19.

“Dalam pencegahan dan pengendalian covid-19 dikota Metro, diperlukan upaya terpadu dalam peningkatan kesadaran masyarakat,” katanya.

Wasis juga menambahkan perda ini dimaksudkan sebagai pedoman untuk mengatur penyelenggaraan adaptasi kebiasaan baru dalam rangka pencegahan dan pengendalian covid-19.

“Perda ini juga bertujuan untuk melindungi masyarakat dari dampak covid-19, serta mewujudkan kesadaran bersama dalam mencegah dan mengendalikan penularan covid-19,” terangnya.

Sedangkan abdulhak menyampaikan, bahwa Perda no 3 tahun 2021 tentang penanggulangan kemiskinan daerah dimana bertujuan untuk meningkatkan keberdayaan penduduk dan warga miskin.

“ini memberikan rasa aman bagi kelompok warga miskin dan rentan miskin,” katanya.

Sementara Adi Prasetyo menyampaikan, bahwa Perda no 4 tahun 2020 tantang pendirian museum di kota Metro, bertujuan sebagai pedoman, pendirian, pengelolaan, dan pengembangan museum di daerah.(*)

LEAVE A REPLY