Bapemperda DPRD Kota Metro Pastikan Rencana Produk Hukum 2020 Sedikit

0
608

Kota Metro, Lampungsai.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Metro memastikan produksi rancangan perda tahun 2020 bakal menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Bapemperda DPRD Kota Metro, Yulianto mengatakan, tahun ini DPRD telah mengesahkan lebih dari 16 perda dari 20 raperda yang direncanakan. Sedangkan tahun depan dipastikan hanya sebanyak 12 Raperda.

“Memang ada usulan untuk pembatasan perda supaya lebih efektif. Jadi tahun depan kita hanya mengajukan 12 Raperda. Dan itu sudah disepakati. Terdiri dari 9 usulan eksekutif dan tiga inisiatif dewan,”katanya. Senin, 09 Desember 2019.

Adapun ketiga raperda usulan DPRD Kota Metro berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan, penanaman modal, serta ketenagakerjaan dan perlindungan tenaga kerja.

Masih kata Yulianto, ketiga raperda inisiatif dewan semuanya baru atau bukan perubahan. “Jadi efisiensi dan efektivitas bukan banyaknya perda yang dikeluarkan. Dan inisiatif kami itu semua baru,”jelasnya.

Yulianto menambahkan, Raperda ketenagakerjaan belum dimiliki Kota Metro. Dimana dinas terkait menilai, penanggulangan tenaga kerja sangat dibutuhkan untuk 5 sampai 10 tahun ke depan.

“Begitu juga penanggulangan kemisikinan dan penanaman modal, itu kita hanya punya perwali, jadi ini semua baru. Makanya itu kita targetkan tahun depan, karena akan berfungsi untuk masa-masa akan datang,”jelasnya. (ADV)

LEAVE A REPLY