Anggota Dewan Pandeglang Kunker Ke DPRD Metro Bajas Tatib Pilkada

0
41

Kota Metro, Lampungsai.com -Bahas tata tertib (Tatib)  pemilihan kepala daerah (Pilkada), DPRD Pandeglang Provinsi Banten lakukan kunjungan kerja (Kunker) dan study banding ke kantor DPRD kota Metro. Senin, 07 Oktober 2019.

Mewakili DPRD Pandeglang, M Dadi Rajadi mengatakan, tujuan kunker ini dilakukan untuk mempelajari dan study banding mengenai penerapan PP Nomor 12 tahun 2018 yang  berisi tentang pemilihan kepala daerah. Menurutnya, salah satu poin PP tersebut menyebutkan bahwa DPRD berhak memilih calon kepala dan calon wakil kepala daerah.

“Ada salah satu poin PP menyatakan bahwa DPRD berhak memilih calon kepala dan wakil kepala daerah saat terjadi kekosongan untuk sisa masa jabatan lebih 18 bulan,” ujarnya.

Terkait PP pilkada, Dadi  melanjutkan, kota Pandeglang untuk sementara masih dalam pembahasan. sedangkan, jika  dibandingkan dengan daerah lainnya, Kota Metro adalah salah satuk kota/kabupaten yang telah menyelesaikan dan menyesahkan tatib tersebut.

Anggota DPRD kota Metro Fraksi PKS, Yulianto menambahkan, tatib pilkada kota Metro saat ini telah disahkan dan tidak banyak melakukan perubahan. Hal itu dikarenakan sudah ada peraturan pemerintahan Mendagri, termasuk pemilihan calon wali kota dan calon wakil wali kota manakala berhalangan untuk menjalankan tugas  selama 2 tahun atau 18 bulan secara otomatis.

“Alhamdulillah kota Metro tatibnya sudah disahkan dan tidak banyak melakukan perubahan karena sudah ada peraturan pemerintah Mendagri,” tutupnya. (Adv)

LEAVE A REPLY