TA 2017, Pemkab Mesuji Akan Terapkan Aplikasi Sistem Keuangan Keseluruh Desa

0
550
Pelatihan Aplikasi Siskeudes dengan Sekretaris desa dan bendahara desa oleh tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Mesuji.

Mesuji, Lampungsai.com – Pemerintah Kabupaten Mesuji, akan menerapkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Tahun 2017 di seluruh desa se-kabupaten setempat. Siskeudes diterapkan, bertujuan agar pengelolaan keuangan desa akan lebih baik dan terhindar dari penyalahgunaan. Pemkab melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan memberikan pendampingan dan bimbingan teknis.

SISKEUDES-BPKP

Kepala Bidang Keuangan, Pembangunan, dan Aset Desa DPMD Kabupaten Mesuji, Taufiq Widodo, mengatakan, dalam hal pengelolaan keuangan desa, sampai pada pelaporan, perencanaan, pembukuan dan hal terkait, baik dana yang bersumber dari dana desa, alokasi dana desa dan lainya, akan lebih efisien jika dilaksanakan dengan sistem keuangan desa, yang aplikasinya akan diterapkan kepada seluruh desa.

Tentunya, perlu adanya pembimbingan teknis dalam penerapan aplikasi siskeudes ini, terutama bidang teknologi infomasinya, maka akan sukses jika terus diberi pendampingan dan bimbingan. Dan memang hal ini sudah diwajibkan bagi seluruh pemerintahan desa se-Indonesia, yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP).

“Dalam hal ini optimis, seluruh desa akan siap menerapkan aplikasi Siskeudes di 2017 ini. Tentu hal ini didukung dengan kapasitas dan kapabilitas aparatur desa yang ada, dengan tujuan Kabupaten Mesuji dalam pengelolaan keuangan semakin baik,”kata Taufik Widodo saat memberikan pendampingan penggunaan aplikasi siskeudes kepada sekretaris desa dan bendahara desa se-Kecamatan Mesuji dan Rawa Jitu Utara di Balai Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu 18 Februari 2017. (Syah)

LEAVE A REPLY