Mas Fran Silaturahmi Dengan Pencipta Agrowisata Taman Punden

0
516

Kota Metro, Lampungsai.com – Dr. Eng. Fritz Akhmad Nuzir, sapaan akrab Mas Fran, silaturahmi dengan salah satu warga pencipta Agrowisata Taman Punden, Kelurahan Mulyosari, Bedeng 16 A, Kecamatan Metro Barat, Marsono. Selasa, 14 Januari 2020.

Dalam kesempatan itu, Marsono menceritakan bagaimana dengan segala keterbatasan memulai berkreasi di lahannya sendiri dengan mengkombinasikan antara pertanian dan perkebunan organik dengan kegiatan wisata kekinian.

Mulai dengan mengolah lahan tidur, beliau sukses dalam berkebun sayur mayur sehingga akhirnya bisa memiliki lahan sendiri.

Masih cerita Marsono, lahan yang dimiliki tersebut tidak begitu luas, sehingga muncul ide-ide untuk mengolahnya dengan berbagai bentuk, diantaranya Mina Tani, Sayuran Organik, Embung dan sebagainya.

Kreasi terakhir adalah mengkreasi taman bunga sebagai tempat wisata dan edukasi. Bunga-bunga yang ada juga berfungsi untuk menarik perhatian serangga hama, sehingga tidak merusak tanaman utama. Kesemuanya itu dikembangkan secara organik dengan pupuk dari limbah ternak dan pertanian.

Mengenai ini, Mas Fran mengungkapkan, hal upaya yang di lakukan Marsono tersebut, dimulai dengan segala keterbatasan. Maka, upaya ini patut didukung oleh Pemerintah dan kolaborasi antar warga, hingga bisa menumbuhkembangkannya sebagai bagian dari ekonomi lingkaran (Circular Economy).

“Patut diapresiasi hal yang dilakukan Pak Marsono, tentunya harus didukung oleh semua pihak, termasuk Pemerintah. Sehingga kedepan dapatn menciptakan atau menumbuhkembangkan bagian dari ekonomi lingkaran, yang juga merupakan peningkatan kesejahteraan ekonomi di sektor wisata dan pertanian yang ada,”jelasnya. (*)

LEAVE A REPLY