Malam Pembukaan MTQ Ke-47 Tingkat Provinsi Lampung, Berlangsung Hikmad

0
182

Tulang Bawang Barat, Lampungsai.com – Malam Pembukaan MTQ ke-47 tingkat Provinsi Lampung, di Komplek Islamic Centre, Panaragan Jaya,Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tuan Rumah), berlangsung hikmad. Sabtu, 27 April 2019.

Pada kesempatan itu hadir langsung, Gubernur Lampung, M.Ridho Ficardo bersama wakil Gubernur, para Kepala Daerah Bupati dan Wali Kota se-Lampung. Hadir pula Kementerian Agama RI yang diwakili Dirjen Bina Islam, Duta Besar dari Pelastina Zuhair Al Shun, para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama serta ribuan kafilah se-Provinsi Lampung.

Mengawali sambutan, Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad  menyampaikan, MTQ yang saat ini dilaksanakan, di pusatkan di Tulang Bawang Barat  bertemakan “Allah Memberikan Waktu Kita Menuju Cahaya” bisa menjadikan daerah kita kedepan menjadi daerah yang lebih baik untuk masyarakat.

“Bayangkan sebuah Kota dengan ekpresi-ekperisi kelas satu dan Pendidikan kelas satu, warga yang menjalani kehidupan perilaku kelas satu dengan  memegang prinsip NENEMO (Nemen Nedes Nerimo). Berharap, masih kata Umar Ahmad, berharap TUBABA  bukan sekedar singkatan Tulang Bawang Barat saja, tetapi sesuatu yang di rancang dengan kesunguhan untuk masa depan bagi masyarakat di bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini,”katanya.

Bupati Umar Ahmad juga menjelaskan, rinci dalam pelaksanaan MTQ Ke-47 Provinsi Lampung di Kabupaten Tulang Bawang Barat akan menggelar 8 cabang perlombaan, yaitu ;

1.Cabang Tilawatil Quran
2.Cabang Qiroat
3.Cabang Hifdzil Quran
4.Cabang Tahfidz
5.Cabang Fahmil Quran
6.Cabang Syarhil Quran
7.Cabang Khottil Quran, dan
8.Cabang Musabaqah Makalah Ilmiah Quran.

Pelaksanaan lomba untuk 8 (delapan) cabang tersebut dilaksanakan di 2 (dua) Kecamatan, yaitu Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Tulang Bawang Udik, dengan memanfaatkan Aula Kantor Pemerintah Daerah, Gedung Olahraga, Sessat Agung, Masjid, Pondok Pesantren dan Aula Sekolah atau Madrasah.

Sedangkan untuk pemondokan, para kafilah dan dewan hakim ditempatkan di penginapan dan rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar arena perlombaan.

Dikesempatan yang sama, Dirjen Bina Islam, Kementerian Agama RI, Prof.Dr.Muhammad Ya Amin, sangat mengapresiasi tema yang diberikan pemkab setempat dalam MTQ tingkat Provinsi Lampung.

“Saya sangat tersanjung dan terkesima dengan tema yang sangat unik sekali yaitu “ALLAH MEMBERI WAKTU, KITA MENUJU CAHAYA”. Selama ini biasanya tema dalam MTQ itu sangat singkat sekali,”ujarnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo yang membuka perhelatan MTQ mengungkapkan,banyaknya pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang mempunyai nilai seni, dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Bukan hanya membangun insfratruktur tapi juga membangun suatu peradapan. Mengingat Kabupaten Tulang Bawang Barat, menjadi Kabupaten termuda, namun pembangunannya sungguh sangat membanggakan. Termasuk dalam penyelenggaraan MTQ ke 47 yang mengusung tempat yang unik dan dengan menggunakan insfratruktur bambu.

“Dipesankan untuk dewan hakim dan dewan juri, harus dapat bersikap jujur adil dan amanah, dalam memberikan penilaian terhadap qori dan qoriah,”ungkapnya. (Adv)

LEAVE A REPLY