M.Ridho Ficardo Sandang Gelar Suntan Haluan Marga

0
310

Pesawaran, Lampungsai.com – Calon Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo disambut arak-arakan adat Lampung saat melakukan halal bil halal dengan Ajang Sai Batin Kabupaten Pesawaran di Desa Pampangan, Selasa 19 Juni 2018. Pada momen tersebut, M.Ridho Ficardo di angkat sebagai keluarga besar dan memberinya gelar atau adok Suntan Haluan Marga.

Kegiatan yang berlangsung di kediaman Alzier Dianis Thabranie sebagai Dewan Penasehat Masyarakat  Adat Sai Batin. Turut hadir  Ketua Ajang Sai Batin Kabupaten Pesawaran, Paduka Minak Mangku Batin  Firman Rusli, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, dan seluruh  Tokoh Adat dan Punyimbang Ajang Sai Batin se-Provinsi Lampung.

Disampaikan, Ketua Ajang Sai Batin Kabupaten Pesawaran, Firman Rusli, mengatakan bahwa, maksud dari kegiatan kali ini adalah selain dalam rangka halal bil halal idul fitri, juga sebagai ajang silaturahmi dan mempererat rasa kekeluargaan.

Dipaparkannya, Di Kabupaten Pesawaran ini,  ada 96 Kebumian Punyimbang Adat, telah bermufakat untuk mengangkat  Ridho Ficardo sebagai keluarga besar dan memberinya gelar atau adok.

“15 tahun lebih, jalan ditempat kami ini sangat jelek, banyak ibu-ibu kita ini yang  mengalami keguguran karena jalan rusak. Dulu, kita juga sudah berjuang tapi karena ada ketidak cocokan antara Gubernur dan Bupatinya, jadi nggak berhasil,”ungkapnya.

Namun, masih menurutnya, saat kepemimpinan M. Ridho Ficardo,  semuanya sudah menyatu, baik dari  masyarakatnya, para tokoh, bahkan Pimpinan Daerah (Bupati) pun telah menyatu dan Gubernurnya juga nomor satu.

“Jalan di Pesawaran sudah mulus semua, itulah yang jadi dasar kita hari ini memberi gelar Suntan Haluan Marga kepada M. Ridho Ficardo, agar beliau bisa terus memimpin masyarakat Lampung,”ujarnya.

Sementara itu, Alzier Dianis Thabranie sebagai Dewan Penasehat masyarakat adat sai batin menyatakan dengan tegas bahwa, beliau mendukung M.Ridho Ficardo untuk maju kembali sebagai Gubernur Lampung

“Terserah yang lain mau berkata apa, yang penting hati saya berkata begitu, dan saya yakin begitu juga seluruh masyarakat adat disini,”katanya.

Dikesempatan yang sama, M. Ridho Ficardo mengungkapkan rasa terima kasih kepada Alzier Dianis Thabranie sebagai tuan rumah, atas segala hal yang telah di lakukan dan diberikan serta perjuangannya yang tidak henti-henti memperjuangkan masyarakat Lampung, khususnya di  Kabupaten Pesawaran  hingga terbentuknya Ajang Sai Batin.

Ridho juga menyampaikan bahwa, Kabupaten Pesawaran memiliki peluang dan potensi lompatan pembangunan yang pesat. Tiga program strategis pembangunan provinsi lampung semua berjalan di Kabupaten Pesawaran, baik itu pertanian, pembangunan kawasan industri dan kawasan pariwisata.

“Maka itu, kepada seluruh masyarakat, kiranya untuk tetap melestarikan kebudayaan Lampung, bukan hanya menjaga nilai-nilai sejarah, tapi juga menjaga masa depan,”katanya. (Tim)

LEAVE A REPLY