LSM LIPAN Tanggamus Dapati Dugaan PIP Tidak Tepat Sasaran Dan Lapor Resmi Ke Disdik

0
689

Tanggamus, Lampungsai.com – Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP), dibeberapa penyelenggara sekolah tingkat dasar di Kabupaten Tanggamus, diduga tidak tepat sasaran dan tidak transparan. LSM LIPAN DPD Tanggamus, layangkan surat ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten setempat, melalui Bidang Pendididikan Dasar (Dikdas) sekaligus meminta data penerima PIP, guna perimbangan data informasi yang telah di himpun LSM LIPAN.

Disampaikan Ketua LSM LIPAN DPD Tanggamus, Musanip bahwa, hasil dari pantauan dan investigasi tim LSM LIPAN dan mengacu pada sistem program pemerintah pusat, bahwa PIP untuk meringankan beban biaya pelajar pendidikan sekolah yang kurang mampu. Namun, didapati penerima PIP tidak sesuai, kebanyakan penerima manfaat PIP bukan dari pelajar yang kurang mampu. Rabu, 18 Maret 2020 di Sekretariat LSM LIPAN setempat.

Dari ini, pihak LSM LIPAN Tanggamus telah melayangkan surat laporan ke Dinas Pendidikan khususnya Kepala Bagian Pendidikan Dasar tentang adanya masalah Transparansi dana PIP dilaksanakan oleh beberapa penyelenggara sekolah tidak tepat sasaran.

Masih kata Musanip, sesuai dengan UU No. 14/2008 tentang keterbukaan informasi publik BAB I, pasal 2 ayat 3 bahwa, setiap informasi publik harus dapat diperoleh setiap pemohon informasi publik dengan cepat dan tepat waktu.

Apabila ketentuan permohonan tersebut tidak ada jawaban dari pihak terkait, ketentuan Pidana cukup jelas di BAB XI pasal 52 bahwa badan publik yang dengan sengaja Tidak menyediakan/tidak memberikan/tidak menerbitkan informasi Publik secara berkala/wajib di umumkan yang harus diberikan atas dasar permintaan yang mengakibatkan kerugian orang lain di pidana paling lama kurungan 1 tahun penjara atau denda paling banyak Rp.500.000,-

Sementara itu, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten setempat, masih belum dapat di konfirmasikan mengenai hal terkait. (*/AJO Indonesia)

LEAVE A REPLY