LSM LIPAN Minta Disdik Tanggamus Tegas Sikapi Kepsek Tak Disiplin Dan Diduga Gelapkan Dana PIP

0
214
Jajaran Pengurus LSM LIPAN Kabupaten Tanggamus./Budi WM

Tanggamus, Lampungsai.com – Dua oknum Kepala Sekolah tingkat SD dan SMP Negeri di Tanggamus, tak indahkan disiplin kinerja aparatur dan sebagai pimpinan sekolah. Selain itu juga terindikasi dugaan penggelapan Dana PIP. Kedua prilaku Kepala Sekolah tersebut dilaporkan oleh Masyarakat kepada  LSM Lembaga Independen Pemantau Anggaran Negara (LIPAN). Kamis, 17 Oktober 2019.

Jajaran Pengurus LSM LIPAN Kabupaten Tanggamus./Budi WM

Atas laporan tersebut, LSM LIPAN dengan segera menindaklanjutinya kepada pihak bersangkutan dan mengklarifikasikan kepada pihak Dinas Pendidikan setempat, sebagai bahan data informasi yang nantinya di laporkan resmi ke Inspektorat dan pihak Tipikor atas dugaan penggelapan Dana PIP.

Diketahui kedua Kepsek tersebut adalah Kepala Sekolah SD Negeri 2 Tampang Muda tak masuk sekolah selama 6 bulan berturut.
Kemudian, Kepsek SMP Negeri 2 Pematang Sawa, di duga gelapkan dana PIP yang tak sesuai dengan jumlah siswa yang terdata penerima PIP.

Sukmara anggota LSM LIPAN Tanggamus mewakili kepengurusan dan Ketua menyampaikan, tindakan atau prilaku Kepsek tentu menyalahi ketentuan disiplin kinerja, apa lagi tidak masuk sekolah selama 6 bulan berturut – turut. Hal ini sudah dilakukan klarifikasi ke pihak SD N 2 Tampang Muda termasuk klarifikasi dengan Ketua Komite sekolah setempat.

Pihak Dinas Pendidikan diharap dapat bertindak tegas atas hal ini.
terkait data penerima PIP. Kemudian terkait dugaan penggelapan dana PIP, sebagaimana telah dilakukan kroscek dan lainnya, didapati perbedaan data penerima PIP di Sekolah SMP Negeri 2 Pematang Sawa.

Perbedaan data penerima itu juga, terjadi antara data Sekolah dengan data yang di Dinas Pendidikan.

“Kami mencurigai, jelas adanya penggelapan dana PIP, disitu perbedaan data yang kami ambil dari Kepala Sekolah dengan Dinas Pendidikan sangatlah jauh berbeda,”ujar Sukmara.

Dari ini, berharap akan ada transparansi dari Kepala Sekolah dan juga Dinas Pendidikan termasuk tindak lanjuti permasalahan ini, agar ada efek jera sanksi, sebagai contoh bagi guru, Kepsek lainnya.

“Kami, jajarsn LSM LIPAN akan terus mengawal atas tindak lanjutnya keterkaitan dengan Kepsek tersebut. Dan kami akan melayangkan surat agar di pertegas tindakan ini dari Dinas Pendidikan,”tegasnya.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Dinas Pendidikan, Lauyutis saat di konfirmasikan menyatakan, pertama soal dugaan Kepsek SDN 2 Tampang muda, diminta ada bukti laporannya dari Masyarakat, nama Kepsek dan apa permasalahanya. Dari ini, akan segera dilakukan pemanggilan dan jika terbukti maka akan sanksi.

Kemudian adanya Kepsek yang diduga menggelapkan dana PIP, untuk lebih jelas dan detil, terlebih mengenai jumlah atau data penerima PIP, disarankan langsung konfirmasikan ke Bidang terkait di Dinas Pendidikan.

“Apapun bentuknya, secara pribadi dan Dinas, saya sampaikan terima kasih kepada rekan-rekan LSM LIPAN yang memberikan informasi terkait adanya dugaan – dugaan tersebut. Pada intinya, informasi yang ada ini akan segera ditindak lanjuti dengan segera,”ungkapnya.(Rilis)

LEAVE A REPLY