Lima Warga Lampung Timur Terserang DBD

0
457

Lima Warga Lampung Timur Terserang DBD

id
dbd, nyamuk demam berdarah

Lima Warga Lampung Timur Terserang DBDIlustrasi. Nyamuk (ist)

Labuhan Maringgai, Lampung Timur, (ANTARA Lampung) – Sebanyak lima warga dari satu dusun di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Lampung positif terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD).
"Data sementara sedikitnya lima warga dari Desa Margasari yang terjangkit demam berdarah dengue," kata dr Budi, Kepala Puskesmas Labuhan Maringgai, di Lampung Timur, Jumat.
Dia mengatakan lima warga yang terjangkit penyakit DBD itu berasal dari satu dusun yaitu Dusun 3, Desa Margasari.
Kelima warga itu telah dibawa ke rumah sakit dan sudah mendapatkan penanganan medis yang diperlukan.
"Semua sudah mendapatkan penanganan semestinya, dan sejauh ini kondisinya baik-baik saja," ujar dr Budi lagi.
Menurutnya, setelah ditemukan kasus penyakit DBD dalam satu desa dan pada waktu bersamaan itu, pihaknya telah berkirim surat ke Dinas Kesehatan Lampung Timur meminta dilakukan fogging atau pengasapan pada rumah-rumah warga di sekitar rumah warga yang terjangkit DBD dimaksud.
"Setelah mengetahui ada kasus DBD itu, kami lakukan penyelidikan oleh petugas di lapangan, dan ternyata benar ada jentik nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue. Kemudian kami minta dilakukan fogging ke Dinas Kesehatan, dan hari ini kami lakukan fogging pada rumah warga dengan radius 100 meter," katanya lagi.
Meski telah dilakukan fogging, dia meminta warga melakukan langkah 3 M, yaitu menguras dan membersihkan tempat penampungan air, menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air itu, dan memanfaatkan kembali serta mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penyebar penyakit DBD.
"Ini cara paling efektif mencegah pembiakan nyamuk yang dapat menularkan penyakit DBD ke warga di daerah ini," katanya pula.

Editor: Triono Subagyo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Tweets by @antaralampung

LEAVE A REPLY