Komisi D DPRD Lamsel Kunker Ke RSUD Bob Bazar Kalianda

0
160

Lampung Selatan, Lampungsai.com – Komisi D DPRD Kabupaten Lampung Selatan datangi RSUD Bob Bazar Kalianda dalam rangka kunjungan kerja, Senin 11 September 2017. Komisi D menilai adanya peningkatan dan perubahan yang patut di apresiasi, atas program kerja RS setempat.

Ketua komisi D Yuli Gunawan mengatakan, patut di apresiasikan kinerja RSUD dalam segi pelayanan maupun manajemen yang ada saat ini. Kunjungan yang dilakukan kali ini, kunjungan pertama kali dilakukan, banyak sekali perubahan yang terjadi, dibandingkan tahun sebelumnya, banyak sekali pandangan miring dari pasien.

Tidak hanya itu, di segi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang ada khususnya untuk peningkatan PAD serta mendorong RS bisa mandiri. Dari total penerimaan mencapai Rp4 Milliar/bulan, diharapkan RS ini bisa mengelola dengan baik.

Dikesempatan yang sama,  Direktur RSUD Bob Bazar dr. Diah Anjarini mengatakan, kunker Komisi D DPRD setempat sangat di apresiasi, banyak masukan dan saran. Hal itu menjadi motivasi untuk terus berbenah, demi peningkatan layanan kesehatan bagi pasien di RS tersebut.

Menyinggung pendapatan BLUD sebesar Rp4 Milliar, bahwa itu hasil klaim dari BPJS, 49 persennya adalah untuk biaya dokter dan perawat. Kemudian 51 persennya adalah untuk biaya obat-obatan yang dipakai oleh pasien. Dari ini pun masih terbilang kurang, karena pasien yang berobat, terkadang dalam pemakaian melebihi biaya yang tertanggung oleh BPJS itu sendiri.

Masih menurutnya, berharap kedepan bisa memanfaatkan BLUD yang ada, agar bisa mandiri dan tidak tergantung dengan pemkab setempat. Tetapi untuk saat ini, memang belum bisa. Kemungkinan dan berupaya di tahun berikutnya bisa memanfaatkan BLUD.

“Sebab 90 persen pasien RS ini, adalah pengguna dari BPJS. Pihak RS mencoba untuk terus meningkatkan pelayanan, agar stigma masyarakat tentang RS dengan BPJS, yang semaunya, bisa berubah,”ujarnya.(Gelly)

LEAVE A REPLY